Opor ayam/Istimewa
Health

Penting Nih, Aturan Pola Makan Sehat Saat Ramadan dan Pasca Lebaran

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 22 April 2022 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Tidak hanya keberkahan dalam spiritual namun juga keberkahan kesehatan jasmani. Cara menjaga kesehatan adalah menjaga pola makan kita sehari-hari selama Ramadan. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat menikmati Hari Kemenangan nanti dengan suka cita dan sehat walafiat.

Puasa itu memang pada dasarnya sehat karena dapat menurunkan massa lemak pada orang obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol asalkan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Diet Saat Berpuasa

Beberapa orang sering mengatakan bahwa diet itu tidak makan dan tidak minum, namun nyatanya diet itu adalah pola makan. Dokter Spesialis Gizi Klinik Good Doctor Technology Indonesia, dr. Vikie Nouvrisia A., M.Gizi, SpGK, mengatakan bahwa puasa itu termasuk diet.

“Dalam sehari-hari kita sudah termasuk melakukan diet, namun tergantung apakah dietnya termasuk kategori diet sehat atau tidak. Puasa itu sendiri adalah diet dengan periode dari waktu makan dan tidak makan,” kata Vikie pada Jumat (22/04/2022) melalui webinar kolaborasi LSPR Institute dan Good Doctor.

Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang itu beraneka ragam, bergantian setiap harinya, dengan komposisi lengkap baik makronutrien dan mikronutrien. Berikut empat jenis makanan bergizi seimbang:

1. Makanan pokok sumber karbohidrat kompleks (nasi, mie, pasta, roti, jagung, kentang, ubi, singkong)

2.  Lauk pauk sumber protein hewani (telur, ikan, ayam, daging sapi, hati), dan protein nabati (tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah)

3.  Pilih sumber lemak baik yang lebih sehat (alpukat, minyak ikan, minyak zaitun, conola, dll) dan hindari lemak trans.

4.  Sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin, mineral.

Menyiasati Menu Khas Lebaran dengan Sehat

“Setelah berpuasa dan turun berat badan, maka saat lebaran banyak sekali makanan yang khas seperti makanan santan, gurih, asin, gorengan, kue kering, dan minuman manis bersoda. Makanan tersebut harus disiasati agar tetap sehat,” jelas Vikie.

Berikut cara menyiasati menu khas lebaran dengan sehat:

1. Makanan bersantan

Tidak dimasak terlalu lama, santan dimasukan terakhir, tidak dipanaskan berulang dan masak secukupnya jadi sekali habis. Ambil kuah secukupnya dan tak lupa makan sayur karena seratnya membantu mengurangi penyerapan lemak.

2.  Makanan berlemak

Ambil secukupnya dalam porsi tidak berlebih dan makan bersama sayuran, pilih lauk rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan (produknya nabati), ambil lauk tanpa kuah berlemak dan buang kulit ayam atau buang gajih/lemak daging merah.

3.  Makanan gorengan

Tidak dimasak dengan api besar, tidak ideal dengan deep fried, pilih cara masak selain menggoreng yang lebih sehat.

4.  Kue kering/cake/kue lapis

Terbuat dari tepung tinggi gula tinggi lemak, boleh dikonsumsi tapi memperhatikan porsi.

5.  Minuman manis dan minuman bersoda

Ada batas gula yang dibatasi, pilih air yang nol kalori.

Tips Sehat Pada Saat Lebaran

1.  Pola makan sehat bergizi seimbang setiap hari

2.  Cukupi kebutuhan air minum

3.  Lakukan aktivitas fisik teratur

4.  Pertahankan berat badan ideal

5. Tidur yang cukup

6. Berpikir positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro