Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Bumi 2022: Tema Tahun Ini dan Sejarah Dibaliknya

Berikut tema dan sejarah di balik peringatan Hari Bumi 2022.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 22 April 2022  |  11:03 WIB
Ilustrasi anak muda merayakan Hari Bumi - Freepik
Ilustrasi anak muda merayakan Hari Bumi - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini, Kamis (22/4/2022) seluruh umat manusia memperingati Hari Bumi. Perayaan Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan melindungi keseimbangan ekosistem yang ada di planet ini. 

Dengan segala problematika yang ada, seperti banyaknya lautan yang dipenuhi plastik, cuaca ekstrem yang kerap melanda, hingga kebakaran hutan dan banjir, bumi jelas mendesak seruan serta mengajak manusia untuk bertindak, dan kita tidak boleh menutup mata.

Tema Hari Bumi 2022

Hari Bumi yang juga dikenal sebagai Hari Ibu Bumi Internasional adalah kesempatan untuk saling bergandeng tangan serta bersama-sama menyadari bahwa bumi tengah mengalami krisis iklim global dan membutuhkan perhatian. Tema Hari Bumi pada tahun ini adalah 'Invest In Our Planet'. 

Tujuan dari tema ini difokuskan pada percepatan solusi untuk memerangi ancaman terbesar dunia yakni perubahan iklim, dan untuk menginisiasi semua orang untuk turut mengambil bagian dalam menjaga bumi.

“kita harus berinvestasi di planet kita, karena masa depan yang hijau adalah masa depan yang sejahtera” tulis laman Earth Day seperti dikutip, Jumat (22/4/2022). 

Sejarah Peringatan Hari Bumi

Pada 2009, PBB menetapkan 22 April sebagai Hari Ibu Bumi Internasional. Namun, sejarah yang menyertainya dimulai pada tahun 1970-an ketika norma perlindungan lingkungan belum menjadi prioritas.

Gaylord Nelson merupakan sosok pertama yang menggagas peringatan Hari Bumi. Gaylord telah menyampaikan gagasannya ini sejak tahun 1969 dan saat itu dirinya berkeyakinan bahwa manusia perlu dibekali dengan berbagai isu lingkungan hidup. Karena hal tersebut, dia mengusulkan agar seluruh perguruan tinggi memiliki kurikulum resmi terkait isu-isu lingkungan.

Puncaknya pada 22 April 1970, gagasan Gaylord ini ternyata mendapat dukungan dari banyak orang. Jutaan orang turun ke jalanan dan memadati Fifth Avenue di New York guna mengecam para pelaku perusak bumi.

Hal tersebutlah yang akhirnya menjadi pilar pertama dalam penetapan peringatan hari bumi, yang diperingati pada 22 April setiap tahunnya. Pelaksanaan hari bumi ini sudah terjadi hampir sekitar 50 tahun dan telah menjadi sebuah gerakan global yang masif dan mendunia hingga kini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi cuaca ekstrem hari bumi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top