Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eiger Targetkan Pakai 20% Bahan Baku Berkelanjutan Tahun 2030

Christian H. Sarsono, CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri menceritakan, semua berawal dari kondisi alam khususnya gunung-gunung saat ini. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 April 2022  |  18:09 WIB
Eiger
Eiger

Bisnis.com, JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 April 2022, PT Eigerindo Multi Produk Industri, merilis Environment, Social and Governance (ESG) Report 2021 atau laporan keberlanjutan pertamanya bertemakan Untuk Bumi, Untuk Nanti. 

Christian H. Sarsono, CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri menceritakan, semua berawal dari kondisi alam khususnya gunung-gunung saat ini. 

“Kami resah, kekayaan dan keindahan alam yang saat ini kita nikmati, gunung-gunung yang saat ini kita daki, di masa depan tidak dapat lagi dinikmati oleh generasi yang akan datang,” ujar Christian H. Sarsono, CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri. 

Harimula Muharam selaku General Manager Product Research and Development EIGER Adventure sekaligus Sustainability Project Leader menjelaskan kepedulian EIGER terhadap lingkungan sudah dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang, seperti program Gerakan Tanam Indonesia dan Adopsi Pohon yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2012.

“Sustainability atau keberlanjutan pun sudah menjadi bagian dari MISI perusahaan PT Eigerindo MPI sejak tahun 2020. Inilah salah satu bukti komitmen kami dalam mulai menjalani program keberlanjutan,” ujar Harimula Muharam. 

Di tahun 2021, EIGER mulai untuk melakukan pencatatan dan pengukuran yang menyeluruh atas kontribusi yang telah dilakukan EIGER dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Bahkan, EIGER menggandeng Ir.R.A.Amalia Yunita, MM.Sust., seorang penggagas wisata arung jeram bernama Arus Liar dan pakar sustainability sebagai Sustainability Program Advisor. 

Bersama dengan pakar sustainability, EIGER telah menyusun peta jalan untuk menjalankan inisiatif keberlanjutan secara holistik, termasuk melakukan perencanaan, pencatatan, dan pengukuran dalam merespon dampak operasional perusahaan dari bahan baku, pemasok hingga sampai ke konsumen dan menjadi dampak bagi lingkungan dan masyarakat. 

Komitmen untuk menjadikan program keberlanjutan sebagai fokus utama perusahaan pun telah dimulai dengan penyusunan 5 pilar yang menjadi fokus pengembangan dan pembenahan, dengan singkatan E.I.G.E.R, meliputi Empower & Educate Community
Innovative & Sustainable Production & Consumption
Good Corporate Governance  Eco & Friendly Store & Office Responsible Shipping & Warehousing dengan target pencapaian di tahun 2030.

Adapun langkah yang dilakukan yakni bahan baku berkelanjutan yang digunakan mencapai 20%, 100% pemasok sudah menjalankan praktik keberlanjutan, melakukan carbon balance offset, 100% toko dan kantor pusat EIGER sudah menerapkan konsep bangunan hijau yang tertuang dalam pilar Eco Friendly Store & Office

Sementara itu capaian yang telah direalisaikan yakni di tahun 2021 setidaknya telah terdapat 3.5% penggunaan bahan baku dari material terbarukan untuk produk apparel. Total jumlah produk defect pada tahun 2021 dapat berkurang sebesar -49% dibanding tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan total produksi, jumlah material defect pada tahun 2020 adalah sebesar 0,41% dan turun menjadi 0,20% pada tahun 2021.

Kemudian, di tahun 2020, penggunaan energi listrik di 11 toko yang menjadi fokus pembenahan kami mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebesar -6.6%. Sedangkan di tahun 2021, kami dapat mengurangi penggunaan energi di 11 toko tersebut sebesar -10.3%. 

Penggunaan energi di kantor pusat  mengalami penurunan sebesar -5%, pada tahun 2021, jumlah karyawan yang keluar menurun secara signifikan dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar -50%. Pergantian karyawan di tahun 2021 berada pada angka 7,46% dari yang sebelumnya sebesar 10,29% dan diharapkan turun menjadi 5% pada tahun 2022. 

Sementara itu, dalam merayakan bulan puasa Ramadan 1433 H dengan mengadakan acara pembagian takjil untuk umum di 150 toko Eiger yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 14-27 April 2022. Kegiatan ini sendiri diberi tajuk, Eiger Berbagi Takjil.

Riadi Suwarno, selaku GM Marketing mengatakan, “Eiger Berbagi Takjil merupakan ajakan untuk memulai hal baik di bulan yang baik, dan berbagi berkah untuk masyarakat dan pengguna jalan di sekitar Eiger Adventure Store di bulan Ramadan.”

Eiger Berbagi Takjil ini sendiri dilakukan oleh karyawan Eiger Adventure Store dengan bekerjasama bersama teman-teman komunitas pecinta kegiatan luar ruang yang menjadi partner Eiger.

“Harapan utama tentunya terjadi keakraban yang lebih mendalam antara brand Eiger Adventure, dengan komunitas Eiger yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun,” jelas Riadi. “Kegiatan ini tidak berfokus di kota besar saja, bahkan sampai di kota-kota kecil. Tujuan utamanya tentu agar kegiatan ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” tambah Riadi.

Akan ada sekitar 50 sampai 100 paket takjil yang dibagikan dalam program Eiger Berbagi Takjil ini. Paket takjil itu akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Eiger Adventure Store dan pengguna jalan yang melintas di depan Eiger Adventure Store.

“Kegiatan ini sendiri dimulai di pukul 16.30 sampai dengan 17.30. Setiap karyawan dan komunitas yang terlibat akan membagikan paket takjil tepat di sekitar Eiger Adventure Store,” ungkap Anthonius Hans Gerard selaku GM Sales & Retail. Sebanyak 10 toko Eiger Adventure Store akan berbarengan mengadakan program ini setiap harinya selama periode program.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand sustainable finance
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top