Orang tua main ponsel saat mengasuh anak
Fashion

Tak Bisa Lepas dari Ponsel saat Berkumpul Lebaran. Periksa, Mungkin Anda Terkena Phubing!

Rahmi Yati
Kamis, 5 Mei 2022 - 09:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa tidak bisa jauh dari smartphone meskipun tengah berkumpul dengan kerabat atau teman dekat? Atau punya teman yang selalu mengecek HP di saat yang lain asyik mengobrol padahal sedang merayakan Lebaran? Hati-hati, kebiasaan ini disebut phubbing (phone + snubbing).

Dikutip dari laman instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, Kamis (5/5/2022), phubbing merupakan suatu kebiasaan yang menunjukkan seseorang tidak bisa lepas atau jauh dari ponselnya.

Orang-orang dengan phubbing, biasa merasa takut akan melewatkan sesuatu yang penting di HP-nya seperti telepon atau update informasi, sehingga rela mengabaikan yang jelas-jelas ada di sekitar fisik mereka.

Menurut penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam "Journal of Psychosocial Research On Cyberspace", perilaku phubbing termasuk hal yang dianggap menjengkelkan dan tidak sopan.

Namun selain dianggap tidak sopan, ternyata phubbing juga memiliki beberapa dampak buruk. Di antaranya, menurunkan kemampuan komunikasi lisan, memperburuk relasi dengan orang lain, membuat susah fokus karena terdistraksi HP dan tentunya akan dijauhi orang-orang.

Bukan itu saja, phubbing juga ternyata berpotensi meningkatkan stres. Penelitian yang berjudul "A Third-Person Perspective on Phubbing: Observing Smartphone-Induced Social Exclusion Generates Negative Affect, Stress, and Derogatory Attitudes" menemukan lebih banyak pengaruh negatif dari perilaku phubbing, salah satunya tingkat stres yang meningkat pada partisipan dalam penelitian.

Peneliti memiliki hipotesis bahwa pelaku phubbing memiliki strategi koping yang rendah ketika merendahkan orang lain dan memilih sibuk dengan gawainya sendiri.

Sementara itu "Journal of Applied Social Psychology" menyebutkan bahwa phubbing dapat memengaruhi kesehatan mental. Ketika seseorang mengabaikan Anda dan memilih snubbing dengan HP-nya, Anda mungkin merasa ditolak, dikucilkan, dan dianggap tidak penting. Ini bisa berdampak signifikan pada kesehatan mental.

Nah, itulah beberapa dampak buruk dari phubbing. Yuk, mulai sekarang disimpan dulu HP-nya kalau sedang berkumpul dengan keluarga dan teman dekat, apalagi di momen penting seperti Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro