Ilustrasi perawat memeriksa gula darah pada anak yang memiliki penyakit diabetes/Freepik
Health

Tanda-Tanda Diabetes pada Anak-Anak, Orang Tua Perlu Waspada

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 11 Mei 2022 - 17:53
Bagikan

3. Perubahan pola tidur dan makan

Ada tanda-tanda diabetes tertentu yang terkait dengan kebiasaan makan dan tidur seseorang. Dari rasa haus yang meningkat hingga rasa lapar yang ekstrem, bahkan gangguan tidur. Orang tua perlu mencatat semua indikator ini.

4. Sering buang air kecil

Salah satu tanda awal diabetes pada anak adalah sering buang air kecil. Ini bisa jadi karena meningkatnya rasa haus dan asupan air, yang secara otomatis menyebabkan beberapa kunjungan kamar mandi sepanjang hari.

5. Penglihatan kabur

Para ahli percaya diabetes dapat menyebabkan masalah mata, terutama penglihatan kabur. Gula darah tinggi dapat menyebabkan lensa mata membengkak, yang dapat mempersulit anak untuk melihat secara efisien.

6. Masalah pencernaan

Dengan diabetes, seorang anak dapat mengalami banyak masalah pencernaan termasuk mual, mulas, kembung, dan banyak lagi. Ini karena diabetes dapat menyebabkan gastroparesis, suatu kondisi yang memengaruhi cara mencerna makanan.

7. Nafas berbau buah

Jika anak Anda memiliki nafas buah, maka itu bisa menjadi tanda ketoasidosis, komplikasi serius yang terkait dengan diabetes.

Ketoasidosis diabetik (DKA) paling sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1, tetapi mereka dengan diabetes tipe 2 juga dapat mengembangkan kondisi ini. Mengingat hal itu berpotensi mengancam jiwa, segera bawa anak ke dokter bila terlihat tanda-tandanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro