Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Mencegah Hipertensi di Usia Muda

Anda bisa mengonsumsi makanan alami buatan sendiri terutama (makanan utuh) untuk mengurangi konsumsi garam dan mencegah hipertensi.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  19:40 WIB
Konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan hipertensi dan darah tinggi -  istimewa
Konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan hipertensi dan darah tinggi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah utama yang memengaruhi populasi besar di tingkat global termasuk Indonesia. Penyakit ini bisa dicegah di usia muda.

Menjadi salah satu penyebab utama berbagai gangguan kesehatan, terutama masalah jantung, tingkat tekanan darah tinggi dalam tubuh memerlukan intervensi medis yang tepat disertai dengan penyesuaian dalam aspek pola makan.

Untuk hipertensi, asupan garam yang tinggi diketahui sebagai salah satu faktor diet utama yang mengganggu fungsi ginjal dan berkontribusi pada tingkat hipertensi.

Anda dapat menyelamatkan diri dari banyak masalah kesehatan dengan membatasi natrium atau tetap pada asupan standar yang direkomendasikan.

Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya karena garam adalah kebutuhan dasar untuk menambah rasa pada makanan, maka berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengurangi konsumsi garam guna mengatasi hipertensi. Sebagaimana melansir dari Pink Villa pada Selasa (17/5/2022).

4 Cara Mudah untuk Mengurangi Konsumsi Garam guna Mengatasi Hipertensi

1. Stop konsumsi makanan olahan

Menurut para pecinta kesehatan dan berbagai peneliti, makanan olahan sangat dibenci garam. Bahkan jika Anda memilih produk yang memiliki label natrium lebih sedikit, banyak dari mereka yang diisyaratkan dengan persentase garam yang tinggi untuk mengimbangi rasanya. 

Selain itu, produk semacam itu kaya akan lemak trans, karbohidrat buruk, dan pengawet yang hanya akan membahayakan kesehatan Anda dalam berbagai cara. Pastikan Anda mengonsumsi makanan alami buatan sendiri terutama (makanan utuh) untuk mengurangi konsumsi garam.

2. Stop gunakan bumbu

Masyarakat sering memilih cara yang sehat dengan mengganti makanan, tetapi akhirnya mengisi makanan bergizi kita dengan bahan atau bumbu yang tidak sehat, seperti cuka, mayo, mustard, dan banyak lainnya. Bumbu ini diperkaya dengan kalori yang tidak jelas, aditif, gula, dan garam dalam jumlah yang sangat banyak. 

Bahkan satu sendok teh saus semacam itu dapat merusak jumlah natrium Anda. Oleh karena itu, pilih pokok makanan Anda dengan versi buatan sendiri dan taruh di atas makanan sebanyak yang diinginkan. Ketika Anda menyiapkan bumbu, maka Anda tahu apa dan berapa banyak jumlah bahan yang telah digunakan di dalamnya. Ini merupakan salah satu cara teraman untuk mengurangi sodium.

3. Gunakan lebih banyak rempah-rempah

Menjangkau alternatif adalah cara lain yang luar biasa untuk mengatakan tidak pada natrium dalam jumlah tinggi. Lengkapi makanan Anda dengan rempah-rempah alami untuk mengimbangi kebutuhan garam. Herbal dan rempah-rempah alami menawarkan banyak khasiat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun membuat makanan Anda lebih beraroma dan sehat. 

Produk herbal seperti cabai rawit, basil, oregano, merica, tangkai, dan rosemary adalah pilihan penting untuk membumbui makanan biasa Anda. Anda juga dapat menggunakan garam yang diperkaya ganda (tetapi dalam jumlah terbatas).

4. Berhati-hati saat makan atau membeli makanan di luar

Tingkat natrium berbeda dalam masakan yang berbeda dan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Jika Anda makan di luar, maka pastikan Anda memeriksa dengan staf tempat tentang jumlah garam atau meminta mereka untuk menawarkan pilihan rendah garam daripada hanya pasif mengonsumsi apa yang mereka sajikan. 

Ingat, tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan perubahan pola makan sehat yang dipadukan dengan baik ke dalam gaya hidup Anda. Demikian pula, sebelum membeli makanan apapun, periksa label nutrisi secara menyeluruh.

Beberapa item bahkan memiliki garam tersembunyi yang dimaksudkan untuk menambah umur simpan. Makanan seperti produk kaleng, keju, bumbu, dan saus sebagian besar mengandung jumlah garam yang tidak terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garam hipertensi darah tinggi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top