Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kandungan Jus Tomat Mampu Mencegah Kanker, Begini Penjelasannya!

Jus tomat mengandung antioksidan kuat untuk mengurangi peradangan dan risiko beberapa jenis kanker.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  17:19 WIB
Kandungan Jus Tomat Mampu Mencegah Kanker, Begini Penjelasannya!
Tomat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Jus tomat dapat menjadi salah satu alternatif minuman yang bisa menjadi minuman Anda agar tidak hambar dan juga dapat menyelamatkan hidup Anda.

Pasalnya salah satu nutrisi dalam jus tomat yang ditemukan telah terbukti membantu mencegah kanker. Dilansir dari Eat This Not That, kanker merupakan penyebab kematian kedua di Amerika Serikat.

Kanker adalah penyakit di mana sel-sel tubuh yang abnormal membelah dan menghancurkan jaringan tubuh, termasuk kepada salah satu penyakit yang paling mengancam jiwa.

Meskipun kanker terkadang dapat terjadi secara acak, ada juga langkah-langkah yang dapat diambil untuk membantu mencegah penyakit tersebut.

Sudah diketahui bahwa menghindari asap rokok dan memakai tabir surya adalah dua cara terbaik dan paling sederhana untuk mencegah jenis kanker tertentu, tetapi cara lain yang sesederhana adalah minum jus tomat.

Tomat mengandung likopen, yang selain kemampuannya membantu kesehatan tulang dan tekanan darah, juga dikaitkan dengan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat.

Jus tomat adalah sumber yang sangat kaya akan karotenoid dan likopen. Nutrisi ini memberi tomat warna merah cerah, bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mengurangi peradangan dan risiko beberapa jenis kanker.

Likopen tidak hanya membantu mencegah jenis kanker tertentu, tetapi satu penelitian di Brasil bahkan menemukan bahwa likopen efektif membunuh sel kanker prostat.

Hasil serupa ditemukan dalam penelitian dari Catholic University di sekolah kedokteran Roma, yang menyebutkan bahwa likopen ditemukan dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker pada manusia.

Studi ini mengamati pasien yang didiagnosis dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, perut, usus besar, dan mulut. Ini tidak berarti bahwa pasien kanker harus melepaskan pengobatan dan hanya tetap minum jus tomat, tetapi akan sangat membantu untuk mengetahui bahwa karena likopen yang ditemukan di dalamnya.

Tomat dan produk tomat, termasuk jus tomat, adalah cara yang ampuh untuk membantu pencegahan kanker. Likopen yang ditemukan dalam tomat lebih kuat dalam bentuk terkonsentrasi dan dimasak seperti jus tomat, yang menyediakan 23 miligram likopen per 8 ons gelas.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat nutrisi paling banyak adalah dari minum jus. Dengan meminum jus segar, Anda mengonsumsi minuman yang tidak mengandung gula berlebih yang biasanya ditemukan dalam kemasan jus yang tersedia di toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat Jus Buah
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top