Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengurangi Risiko Sakit Jantung hingga Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Dark Chocolate

Berikut 7 manfaat kesehatan dari dark chocolate atau kakao yang didukung oleh ilmu pengetahuan, dilansir dari Health Line
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  00:52 WIB
Chocolate
Chocolate

Bisnis.com, JAKARTA — Terbuat dari biji pohon kakao, dark chocolate adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat Anda temukan.

Studi menunjukkan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan kesehatan Anda dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Berikut 7 manfaat kesehatan dari dark chocolate atau kakao yang didukung oleh ilmu pengetahuan, dilansir dari Health Line:

1. Sangat bergizi

Jika Anda membeli dark chocolate berkualitas dengan kandungan kakao tinggi, maka itu bergizi. Mengandung serat larut dalam jumlah yang layak dan sarat dengan mineral. Sebatang dark chocolate 100 gram dengan 70-85% kakao mengandung 11 gram serat, 67% dari DV untuk besi, 58% dari DV untuk magnesium, 89% dari DV untuk tembaga, 98% dari DV untuk mangan. Banyak kalium, fosfor, seng, dan selenium.

2. Sumber antioksidan yang kuat

Biji kakao mentah yang belum diproses adalah salah satu makanan dengan skor tertinggi yang telah diuji. Dark chocolate sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol dan katekin, antara lain.

3. Dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam dark chocolate dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi aliran darah dan karenanya mengurangi tekanan darah.

4. Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi

Mengkonsumsi dark chocolate dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian terkontrol, bubuk kakao ditemukan secara signifikan menurunkan kolesterol LDL (jahat) teroksidasi pada pria. Ini juga meningkatkan HDL dan menurunkan total LDL bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Senyawa dalam dark chocolate tampaknya sangat protektif terhadap oksidasi LDL. Dalam jangka panjang, ini akan menyebabkan lebih sedikit kolesterol yang menempel di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Bahkan, beberapa studi observasional jangka panjang menunjukkan peningkatan yang cukup drastis.

6. Dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam dark chocolate juga bagus untuk kulit Anda. Flavanol dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit. Jika Anda merencanakan liburan pantai, pertimbangkan untuk menikmati dark chocolate ekstra di minggu dan bulan sebelumnya. Tetapi tanyakan kepada dokter atau dokter kulit Anda terlebih dahulu.

7. Dapat meningkatkan fungsi otak

Dark chocolate juga dapat meningkatkan fungsi otak Anda. Satu penelitian terhadap sukarelawan sehat menunjukkan bahwa makan kakao flavanol tinggi selama 5 hari meningkatkan aliran darah ke otak. Kakao juga dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan. Ini dapat meningkatkan kefasihan verbal dan beberapa faktor risiko penyakit juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan cokelat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top