Puskesmas Elyuyo, Polimak, Jayapura Papua/Antara-Evarukdijati
Health

PABOI Dorong Pembentukan Program Studi Orthopaedi di Papua

MG Noviarizal Fernandez
Jumat, 3 Juni 2022 - 23:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) Edi Mustamsir beserta Ketua Kolegium Orthopaedi dan Traumatologi Ferdiansyah dan Ketua PABOI Cabang Sulsel Bar, Irian Jaya Jainal Arifin menggelar sejumlah kegiatan penguatan pelayanan kesehatan di Papua.

Edi Mustamsir, mengatakan, kegiatan visitasi bersama Ketua Kolegium PABOI, merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh PABOI di Makassar, yaitu continuing orthopaedic education (COE) yang ke 69 dan berlangsung sejak akhir Mei lalu. Dalam kunjungan ke Papua kali ini, PABOI mendorong adanya pembukaan studi Orthopaedi di kampus Papua. 

"Dalam kunjuangan di Papua, khususnya di kota Jayapura kami memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat atau pasien di RSUD Jayapura, memberikan edukasi dan mendorong agar Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih bisa membuka program studi orthopaedi dan traumatologi," ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Jika dibandingkan wilayah Papua yang begitu luas, kata Edi, jumlah dokter orthopaedi yang ada jelas sangat kurang sekali. Padahal spesialis Orthopaedi dan traumatis sangat penting dalam dunia medis dan kebutuhannya sangat tinggi, terutama di wilayah Papua. Oleh karena itu, lanjut Edi, PABOI sangat mendukung adanya prodi dua spesialis tersebut. 

Harapannya, RSUD Jayapura sebagai Rumah Sakit Pendidikan dapat mendorong dan bisa memfasilitasi serta mendukung segala sarana dan prasarana untuk terealisasinya program ini. Langkah yang dilakukan PABOI ini juga sebagai salah satu upaya pemerataan jumlah dokter spesialis di seluruh Indonesia, terutama di Indonesia Timur. 

Di lokasi yang sama, Direktur RSUD Jayapura bersama Ketua PABOI Cabang Sulselbar, Irian Jaya, memberikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Ketua PABOI dan Kolegium untuk hadir membantu langsung dan memberikan edukasi kepada para profesional dokter dan perawat di papua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro