Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buah-buahan Penurun Kolesterol Tinggi dan Hipertensi

Buah merupakan camilan manis yang sehat untuk tubuh. Dan beberapa buah bahkan sangat baik untuk jantung kita.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  11:20 WIB
Buah-buahan Penurun Kolesterol Tinggi dan Hipertensi
Stroberi - greenwells.com

Bisnis.com, JAKARTA - Buah mengandung nutrisi penting yang menjaga tubuh kita tetap bergizi dan berenergi.

Tidak hanya itu, buah juga  merupakan camilan manis yang sehat untuk tubuh. Dan beberapa buah bahkan sangat baik untuk jantung kita.

Diketahui bahwa stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan buah beri lainnya kaya akan antioksidan seperti anthocyanin. Dan sejumlah penelitian selama bertahun-tahun telah meengaskan manfaat buah beri dalam hal menjaga detak jantung kita. Ini termasuk analisis 22 laporan ilmiah yang membuktikan bahwa memakannya terkait dengan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Laporan tersebut, yang disusun oleh para peneliti di tiga rumah sakit di China, mengatakan: “Berries kaya akan sejumlah polifenol, termasuk procyanidins, quercetin, asam fenolik, dan khususnya anthocyanin.

“Bukti yang terkumpul telah menunjukkan bahwa konsumsi buah beri menunjukkan berbagai aktivitas biologis dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD), termasuk anti-inflamasi, antihipertensi, hipoglikemik, antikoagulan, dan peningkatan gangguan metabolisme lipid.” tulis hasil penelitian dilansir dari Express.

Sebagai bagian dari penelitian, 22 uji coba terkontrol secara acak, yang memantau reaksi lebih dari 1.200 orang terhadap berbagai buah beri termasuk raspberry, blueberry, dan cranberry, digunakan.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports, menjelaskan: “Hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa konsumsi berry secara signifikan menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (jahat), tekanan darah sistolik, glukosa puasa, indeks massa tubuh, hemoglobin dan faktor nekrosis tumor.

"Namun, tidak ada perubahan signifikan yang terlihat pada penanda lain."

Itu menyimpulkan: “Analisis subkelompok kami menunjukkan bahwa produk berry dapat digunakan sebagai pilihan tambahan baru yang efektif dan aman untuk mencegah dan mengendalikan CVD dengan lebih baik pada subjek dengan faktor risiko kardiovaskular.

“Penelitian lebih lanjut yang mengevaluasi efek konsumsi makanan berry pada titik akhir klinis, seperti morbiditas kardiovaskular dan semua penyebab kematian, diperlukan.”

Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top