Cacar monyet atau monkeypox disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hewan ke manusia atau zoonosis./Istimewa
Health

WHO Ungkap Cara Cegah Cacar Monyet

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 Juni 2022 - 19:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus cacar monyet dilaporkan telah muncul di 30 negara, dimana lebih dari 780 infeksi virus yang dikonfirmasi atau dicurigai telah dilaporkan, sebagian besar berada di Eropa.

Ketika kasus meningkat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan pedoman dan langkah-langkah baru untuk mencegah penyebaran virus.

Dr Maria Van Kerkhove, ahli epidemiologi WHO, merinci daftar langkah-langkah kunci untuk menghentikan monkeypox setelah mempelajari epidemiologi virus, sumber infeksi, dan pola penularan.

Petugas kesehatan senior menyarankan peningkatan pengawasan di negara-negara di mana virus tidak endemik dan mendesak untuk menciptakan kesadaran tentang apa itu cacar monyet dan bagaimana penyebarannya, terutama di negara-negara seperti AS, Kanada, Australia, Jerman, dan Prancis. Badan kesehatan global meminta pemerintah untuk memastikan bahwa orang-orang yang diperkirakan akan terkena dampak bisa mendapatkan perawatan klinis yang tepat.

Langkah kedua untuk menghentikan penyebaran virus ini adalah menghentikan kontraksi manusia ke manusia di beberapa negara non-endemik dengan menggunakan alat kesehatan masyarakat untuk identifikasi dini, yang mencakup mengisolasi kasus dan berbicara dan mendengarkan masyarakat untuk mencari solusi.

Lebih lanjut Dr. Maria Van Kerkhove mengatakan bahwa perlindungan para pekerja garda depan juga penting karena merekalah yang bekerja di tingkat bawah dan langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sangat penting untuk memberi mereka informasi yang akurat dan peralatan pelindung pribadi yang sesuai. Tindakan pencegahan terhadap virus ini harus digunakan dengan benar dengan memberikan antivirus dan vaksin secara tepat kepada mereka yang lebih berisiko dengan cara yang sama," kata Dr. Kerkhove dilansir dari India Today.

WHO akan mengadakan pertemuan penelitian dan pengembangan minggu depan yang akan mencakup segala hal mulai dari epidemiologi hingga diagnostik, perawatan, dan vaksinasi, karena penting untuk memahami apa itu cacar monyet.

Monkeypox termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae yang juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi. Cacar monyet biasanya menyebabkan demam, menggigil, ruam, dan luka di wajah atau alat kelamin. WHO memperkirakan penyakit ini berakibat fatal hingga satu dari 10 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro