Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes/Freepik
Health

Sering Merasa Lapar? Kenali Tanda dan Gejala Awal Diabetes

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 9 Juni 2022 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Umumnya, gejala awal diabetes diketahui dari kadar glukosa dalam darah yang lebih tinggi dari normal. Tanda yang paling sering diabaikan adalah mudah lapar.

Tanda-tanda awal diabetes bisa tidak terasa sehingga sulit terdeteksi oleh Anda. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka mengidapnya sampai mendapatkan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh diabetes.

Dengan demikian, kenali tanda dan gejala awal diabetes untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat, seperti dilansir dari WebMD pada Kamis (9/6/2022).

Gejala Awal Diabetes

Diabetes memiliki dua jenis, yaitu tipe 1 dan 2. Kedua jenis diabetes memiliki beberapa tanda peringatan yang sama.

1. Kelaparan dan kelelahan

Tubuh mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi glukosa yang digunakan sel-sel untuk energi. Namun, sel-sel Anda membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa.

Jika tubuh Anda tidak membuat cukup insulin, atau jika sel-sel Anda menolak insulin yang dibuat tubuh, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. Ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lelah dari biasanya.

2. Kencing lebih sering dan haus

Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air kecil lebih banyak. Mengapa? Biasanya, tubuh Anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal Anda.

Namun, ketika diabetes mendorong gula darah naik, ginjal Anda mungkin tidak dapat mengembalikan semuanya. Hal ini menyebabkan tubuh membuat lebih banyak urin, dan itu membutuhkan cairan. Oleh karena itu, Anda harus sering buang air kecil dan menjadi haus. Saat Anda minum air lebih banyak, Anda juga akan buang air kecil lebih banyak.

3. Mulut kering dan kulit gatal

Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembaban untuk hal lain menjadi berkurang. Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

4. Penglihatan kabur 

Mengubah kadar cairan dalam tubuh Anda bisa membuat lensa di mata membengkak. Mereka berubah bentuk dan tidak bisa fokus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro