Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Fakta Penyakit Ramsay Hunt yang Diderita Justin Bieber

Penyakit ramsay hunt yang diderita Justin Bieber mirip dengan Bell's palsy, yang juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  17:14 WIB
Ini 5 Fakta Penyakit Ramsay Hunt yang Diderita Justin Bieber
Virus Varicella-Zoster menginfeksi Justin Bieber, sehingga menyebabkan wajah lumpuh sebagian - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Justin Bieber didiagnosis oleh dokter menderita sindrom Ramsay Hunt yang berasal dari virus langka, yang menyebabkan wajah lumpuh sementara.

Justin Biebers masih kesulitan untuk kembali membuat matanya berkedip, bahkan dia juga tidak bisa tersenyum. Dia juga mengumumkan bahwa tur keliling dunia akan ditunda karena masalah kesehatan.

Kelumpuhan wajah Bieber disebabkan oleh kelainan neurologis langka yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan herpes zoster dan cacar air. Diagnosis masuk dalam daftar panjang masalah medis yang baru-baru ini

Ini 5 fakta yang perlu Anda ketahui tentang penyakit wajah langka:

1. Apa itu Sindrom Perburuan Ramsay?

Ramsay Hunt syndrome (RHS) adalah kelainan neurologis langka yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV), virus yang sama yang menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster (herpes zoster) pada orang dewasa.

Virus varicella-zoster yang sebelumnya tidak aktif (tidak aktif) diaktifkan kembali dalam kasus sindrom ini dan menyebar untuk mempengaruhi saraf wajah. Gangguan ini adalah penyebab paling umum kedua dari kelumpuhan wajah perifer atraumatik.

penyebab penyakit justin bieber ramsay hunt

2. Apa penyebabnya?

Virus yang sama yang menyebabkan cacar air menyebabkan sindrom Ramsay Hunt. Ramsay Hunt dipicu oleh tingkat stres atau imunosupresi yang tinggi, serta obat imunosupresif atau kondisi lain yang mendasarinya.

Virus ini dapat tertidur selama beberapa dekade pada orang yang pernah menderita cacar air saat kecil. Virus tetap berada di saraf Anda setelah cacar air sembuh.

Ini bisa aktif kembali bertahun-tahun kemudian dan mungkin dapat memengaruhi saraf wajah, perut, dan punggung Anda jika ini terjadi.

3. Apa saja gejala penyakit Ramsay Hunt?

Menurut peneliti, mendapatkan diagnosis yang tepat untuk orang dengan sindrom ini bisa memakan waktu lama. Penyakit tersebut dapat memiliki gejala yang mirip dengan Bell's palsy, yang juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah.

Gangguan pendengaran, vertigo parah, dan ruam atau lecet di telinga atau pipi adalah beberapa efek samping lainnya. Gejala seperti sakit kepala dan muntah juga sering terjadi.

penyakit ramsay hunt syndrome

4. Bagaimana Pengobatan Ramsay Hunt Syndrome?

Mayoritas orang yang terinfeksi virus Ramsay Hunt sembuh total, meskipun durasi penyakitnya bervariasi. Pasien diberikan obat anti inflamasi dan antivirus sebagai pengobatan.

Namun, bagi sebagian orang, mungkin diperlukan waktu lebih lama dari biasanya. Untuk mencegah cedera kornea, mereka disarankan untuk memakai penutup mata. Untuk beberapa pasien, pengobatan mungkin termasuk terapi steroid atau fisik. Dalam postingan Instagramnya, Bieber juga menyatakan bahwa ia melakukan senam wajah sebagai bagian dari pemulihannya.

5. Komplikasi

Seharusnya tidak ada komplikasi jangka panjang jika sindrom Ramsay Hunt diobati dalam beberapa hari pertama gejala muncul. Namun, jika tidak diobati untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan kelemahan otot wajah permanen atau gangguan pendengaran.

Meskipun sebagian besar pasien akan pulih sepenuhnya, sebagian kecil dari mereka mungkin mengalami kerusakan saraf jangka panjang.

Untuk memastikan bahwa kondisi tersebut diobati dengan cepat, seseorang harus menemui dokter mereka segera setelah mereka melihat adanya kombinasi gejala.

Dalam video yang diunggah Justin Bieber tampak keadaan wajahnya yang mengalami kelumpuhan di bagian kiri.

"Aku tak percaya harus mengatakan ini. Aku sudah melakukan banyak hal agar sembuh dari penyakitku. Namun sakitku makin parah," katanya melalui Instagram Stories di akun @justinbieber, baru-baru ini.

“Seperti yang kamu lihat, mata ini tidak berkedip. Aku tidak bisa tersenyum di sisi wajah ini. Lubang hidung ini tidak akan bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajahku," ucap Bieber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

justin bieber cacar air Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top