Beras merah/dummies.com
Health

2 Jenis Karbohidrat yang Aman dari Risiko Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Juni 2022 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes umumnya disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk menjaga kadar glukosa dalam darahnya.

Badan kesehatan Inggris Diabetes UK menyarankan agar orang yang ingin mencegah diabetes tipe 2 memilih karbohidrat serat yang lebih tinggi.

“Makan roti putih, nasi putih, dan sereal sarapan manis yang dikenal sebagai karbohidrat olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Tetapi biji-bijian seperti beras merah, pasta gandum, tepung gandum, roti gandum, dan gandum terkait dengan penurunan risiko," papar mereka dilansir dari Express.

Mayo Clinic mengatakan serat makanan, yang ditemukan terutama dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, mungkin paling dikenal karena kemampuannya untuk mencegah atau meredakan sembelit.

Namun mereka menambahkan bahwa makanan yang mengandung serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan risiko diabetes, juga menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

“Makanan berserat tinggi baik untuk kesehatan Anda. Tetapi menambahkan terlalu banyak serat terlalu cepat dapat meningkatkan gas usus, perut kembung dan kram. Tingkatkan serat dalam diet Anda secara bertahap selama beberapa minggu. Ini memungkinkan bakteri alami dalam sistem pencernaan Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.”

Kebanyakan orang dewasa hanya makan rata-rata sekitar 18g sehari.

British Diabetic Association mengatakan serat sangat penting agar usus Anda bekerja secara normal. Ini meningkatkan bakteri baik yang mendukung kekebalan Anda terhadap gangguan inflamasi dan alergi.

Indeks glikemik (GI) adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda ketika makanan itu dimakan sendiri.

Beberapa makanan GI rendah, seperti makanan gandum, buah, sayuran, kacang-kacangan dan lentil, adalah makanan yang harus kita makan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro