Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

2 Jenis Karbohidrat yang Aman dari Risiko Diabetes

Badan kesehatan Inggris Diabetes UK menyarankan agar orang yang ingin mencegah diabetes tipe 2 memilih karbohidrat serat yang lebih tinggi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  17:08 WIB
2 Jenis Karbohidrat yang Aman dari Risiko Diabetes
Beras merah - dummies.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita diabetes umumnya disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk menjaga kadar glukosa dalam darahnya.

Badan kesehatan Inggris Diabetes UK menyarankan agar orang yang ingin mencegah diabetes tipe 2 memilih karbohidrat serat yang lebih tinggi.

“Makan roti putih, nasi putih, dan sereal sarapan manis yang dikenal sebagai karbohidrat olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Tetapi biji-bijian seperti beras merah, pasta gandum, tepung gandum, roti gandum, dan gandum terkait dengan penurunan risiko," papar mereka dilansir dari Express.

Mayo Clinic mengatakan serat makanan, yang ditemukan terutama dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, mungkin paling dikenal karena kemampuannya untuk mencegah atau meredakan sembelit.

Namun mereka menambahkan bahwa makanan yang mengandung serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan risiko diabetes, juga menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

“Makanan berserat tinggi baik untuk kesehatan Anda. Tetapi menambahkan terlalu banyak serat terlalu cepat dapat meningkatkan gas usus, perut kembung dan kram. Tingkatkan serat dalam diet Anda secara bertahap selama beberapa minggu. Ini memungkinkan bakteri alami dalam sistem pencernaan Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.”

Kebanyakan orang dewasa hanya makan rata-rata sekitar 18g sehari.

British Diabetic Association mengatakan serat sangat penting agar usus Anda bekerja secara normal. Ini meningkatkan bakteri baik yang mendukung kekebalan Anda terhadap gangguan inflamasi dan alergi.

Indeks glikemik (GI) adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda ketika makanan itu dimakan sendiri.

Beberapa makanan GI rendah, seperti makanan gandum, buah, sayuran, kacang-kacangan dan lentil, adalah makanan yang harus kita makan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes karbohidrat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top