Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa
Health

Perbedaan Cacar Air dan Cacar Monyet, dari Gejala hingga Jenis Virus

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Juni 2022 - 15:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cacar monyet menimbulkan kepanikan setelah diidentifikasi di beberapa negara.

Banyak orang yang salah mendeteksi cacar air sebagai cacar monyet, karena beberapa kesamaan gejalanya.

Beberapa gejalanya mirip dengan cacar air seperti pilek, demam, ruam, sakit tubuh dan kelelahan.

Subhash Kakkar, Ahli Bedah THT pendiri Klinik THT Kakkar (Karol Bagh), konsultan tamu dengan rumah sakit BL Kapur dan Apollo Spectra mencantumkan perbedaan antara cacar monyet dan cacar air sesuai pedoman CDC (AS) seperti dilansir dari Hindustantime berikut ini :

1. Virus. Sementara monkeypox disebabkan oleh orthopoxvirus, cacar air disebabkan oleh virus Varicella-zoster yang sangat menular.

2. Ruam. Pasien cacar monyet mengalami ruam dalam 1 sampai 5 hari dan dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dalam kasus cacar air, ruam muncul di dada, punggung, dan kemudian di wajah dan seluruh tubuh. Ini menyebabkan antara 250 hingga 500 lepuh gatal. (Pinterest)

3. Demam. Ruam cacar monyet muncul 1 sampai 5 hari setelah demam sedangkan ruam cacar air muncul 1 sampai 2 hari setelah demam.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening cacar monyet bengkak sedangkan kelenjar getah bening cacar air tidak bengkak.

5. Masa inkubasi cacar monyet adalah dari 5 hingga 21 hari sedangkan cacar air berlangsung dari 4 hingga 7 hari.

6. Penularan. Virus cacar monyet masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, saluran pernapasan, dan selaput lendir, sedangkan virus cacar air masuk terutama melalui saluran pernapasan.

7. Pencegahan. Dalam kasus cacar monyet, kontak harus dihindari dengan orang yang terinfeksi, hewan, atau bahan apa pun seperti tempat tidur orang yang terinfeksi selama cacar air, vaksinasi harus dilakukan untuk mencegah infeksi.

8. Pengobatan. Pada cacar monyet, tidak diperlukan pengobatan khusus tetapi vaksin cacar dapat diberikan kepada kontak orang yang terinfeksi. Pada cacar air, pengobatan simtomatik diberikan tetapi vaksin ayam aman dan efektif.

9. Gejala. Gejala cacar monyet dan cacar air hampir mirip seperti pilek, demam, nyeri tubuh, nyeri otot, dan kelelahan dimana keduanya menyebabkan ruam yang menyebar luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro