Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mematikan! Ini Penyebab dan Cara Meningkatkan Kadar Hemoglobin Rendah

Jika  kadar hemoglobin rendah kemungkinan gejala dari beberapa kondisi mematikan, termasuk berbagai jenis anemia dan kanker.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  17:09 WIB
Mematikan! Ini Penyebab dan Cara Meningkatkan Kadar Hemoglobin Rendah
Kekurangan hemoglobin bisa menyebabkan penyakit - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Artis Ruben Onsu yang dilarikan ke rumah sakit hingga terlihat pucat dan lemas kabarnya disebabkan oleh Hemoglobin (HB) didalam tubuhnya mengalami drop hingga mencapai angka 4 dari 14 untuk tingkat normal.

Lalu bagaimana penjelasan tentang kondisi HB yang rendah ini?

Dilansir Clevelandclinic pada Senin (27/6/2022), menjelaskan bahwa Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah  yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, jika  kadar hemoglobin rendah kemungkinan gejala dari beberapa kondisi mematikan, termasuk berbagai jenis anemia dan kanker.

Ketika kadar HB rendah, itu berarti tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, yang membuat Anda merasa sangat lelah dan lemah. Tingkatan kadar hemoglobin normal ini terdapat kondisi yang berbeda untuk pria dan wanita.

Untuk pria, kadar normalnya berkisar antara 14,0 gram per desiliter (gm/dL) hingga 17,5 gm/dL. Untuk wanita, tingkat normal berkisar antara 12,3 gm/dL hingga 15,3 gm/dL. Lalu, dikatakan HB rendah untuk pria pada 13,5 gm/dL atau lebih rendah, untuk wanita 12 gm/dL atau lebih rendah.

Penyebab Hemoglobin Rendah 

Banyak faktor yang menyebabkan kadar HB rendah untuk manusia, diantaranya: 

1. Tubuh Anda tidak membuat cukup sel darah merah, biasanya disebabkan kondisi dan penyakit yang memengaruhi kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah yang cukup.

2. Kehilangan sel darah merah karena cedera atau sakit, kondisi ini merupakan kondisi yang di mana Anda dapat kehilangan zat besi kapan pun. Terkhusus wanita, terkadang memiliki kadar hemoglobin yang rendah saat sedang menstruasi dan bisa menyebabkan kehilangan darah saat mengalami pendarahan internal, seperti pendarahan ulkus.

3. Kondisi tubuh yang tidak dapat menyerap zat besi, akibatnya kemampuan tubuh untuk untuk mengembangkan sel darah merah menjadi sangat kurang.

4. Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi penting seperti zat besi, vitamin B12 dan B9.

Cara Meningkatkan Hemoglobin

Ternyata, pada realitanya HB ini dapat ditingkatkan oleh diri sendiri saat berada di rumah. Dengan memakan makanan yang kaya akan vitamin dapat membantu Anda menjaga sel darah merah. Secara umum, diet seimbang dengan fokus pada nutrisi penting merupakan cara terbaik untuk menjaga sel darah merah dan hemoglobin yang sehat.

Nah, berikut ini saran makanan yang dapat menjaga HB tetap sehat :

• Daging merah (sapi) dan jeroannya, seperti hati

• Ikan

• Sayuran berdaun, seperti kangkung dan bayam

• Lentil, buncis dan kacang polong

• Kacang-kacangan dan beri kering

Lalu, jika kondisi tak kunjung membaik atau sudah memburuk, maka Anda dianjurkan untuk langsung menghubungi penyedia layanan kesehatan dengan meningkatkan hemoglobin rendah sesuai penyebab yang mendasarinya. 

Misalnya, jika kadar hemoglobin dikatakan rendah dan Anda didiagnosa penyakit anemia defisiensi besi (ADB), maka pengobatannya akan berupa dengan pemberian suplemen dan menyarankan Anda untuk mengikuti diet kaya akan zat besi. Dalam kebanyakan kasus, mengobati penyebab anemia ini akan meningkatkan kadar HB pada tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker ruben Gejala Penyakit hemoglobin
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top