Ilustrasi/Psychologytoday
Fashion

4 Cara Berhenti Overthinking dalam Hubungan Pacaran

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 2 Juli 2022 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda sering overthinking atau berpikir secara berlebihan terhadap pasangan? Hati-hati itu bisa berpeluang tidak baik dalam hubungan.

Masalah akan muncul ketika pikiran mengembara. Berpikir berlebihan bisa sangat merugikan, terutama ketika Anda mulai membentuk persepsi yang tidak benar tentang pasangan, diri sendiri, dan hubungan secara keseluruhan.

Inilah saatnya untuk mengubah perilaku buruk seperti itu. Jika Anda terus-menerus memikirkan skenario "bagaimana jika" dan mendasarkan keputusan pada situasi yang bahkan belum terjadi, maka bencana akan selalu hadir di antara kalian.

4 Langkah agar stop overthinking terhadap pasangan

1. Cari tahu akar masalahnya

Selesaikan masalah ini sebelum Anda dapat belajar untuk berhenti memikirkan sesuatu secara berlebihan. Overthinking adalah manifestasi dari ketidakamanan tertentu atau kecemasan yang mendasarinya.

Kegelisahan ini dapat berakar pada masa kanak-kanak, hubungan yang gagal, harga diri yang rendah, atau masalah dengan kepercayaan. Berpikir secara berlebihan dalam suatu hubungan sering kali berakar pada masa lalu Anda.

2. Tumbuhkan Rasa Percaya

Hubungan membutuhkan kepercayaan karena itu memungkinkan Anda untuk jujur ​​dan murah hati. Tak perlu dikatakan lagi bahwa salah satu aspek terpenting dari sebuah hubungan adalah kepercayaan.

Ketika memercayai seseorang, maka Anda sudah yakin mereka memiliki kepentingan terbaik di hati, yaitu Anda. Berusahalah untuk memercayai hal yang dikatakan pasangan jika mereka jujur kepada Anda.

3. Bicarakan

Diskusikan kekhawatiran dan/atau ketakutan Anda dengan pasangan. Berkomunikasi tidak hanya memungkinkan Anda mendapatkan hal yang dibutuhkan, tetapi juga memperkuat ikatan antara Anda dan pasangan.

Sebelum mencoba menyampaikannya, berhati-hatilah untuk menjelaskan hal yang membuat kesal atau sudut pandang Anda kepada orang lain.

4. Nikmati hidup

Kecenderungan Anda untuk berpikir berlebihan kemungkinan akan berkurang ketika memiliki berbagai prioritas dalam hidup. Ini berlaku untuk kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Jalani hobi, jaga kesehatan mental, dan hormati diri sendiri. Anda tidak akan terganggu oleh naik turunnya hubungan jika Anda mulai merasa percaya diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro