Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Health

5 Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Novita Sari Simamora
Minggu, 10 Juli 2022 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kurang tidur pada malam hari dapat membuat mood terganggu dan Anda mudah tersinggung keesokan harinya. Kurang tidur dapat memengaruhi lebih dari sekadar perasaan Anda di pagi hari. 

Tidur malam yang berkualitas dan cukup sangat penting. Pada kenyataannya, sama pentingnya untuk diet sehat dan olahraga. Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda tahu rasanya tidak enak. 

Simak 5 manfaat tidur bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan Anda

Tidur sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Intinya, baik imunitas bawaan maupun adaptif dipengaruhi oleh tidur. Sel-sel kekebalan dan protein Anda akan lebih mampu menangkis penyakit seperti flu dan pilek ketika tubuh Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan untuk berfungsi.

2. Membantu mencegah berat badan

Kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur menurunkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme adalah bagaimana tubuh mengubah kalori menjadi energi. Menurut penelitian, kurang tidur menyebabkan metabolisme tubuh berfungsi kurang efisien sehingga menyebabkan energi ekstra yang tidak terpakai disimpan sebagai lemak. Selain itu, mendapatkan kualitas tidur yang cukup membuat Anda lebih mudah berolahraga.

3. Ini mengarah ke suasana hati yang lebih baik

Menurut penelitian, orang yang kurang tidur mengalami tingkat emosi negatif yang lebih tinggi (seperti kemarahan, iritasi, ketidaksabaran, dan melankolis) dan tingkat emosi menyenangkan yang lebih rendah. Peningkatan tidur meningkatkan memori, pemahaman, dan pembelajaran. Karena kelelahan, orang yang kurang tidur juga cenderung kurang berolahraga, makan sehat, atau menikmati aktivitas santai.

4. Mencegah penuaan dini

Tubuh sering memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Kulit Anda memulihkan kolagennya dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV saat Anda tidur, yang membantu mencegah keriput dan penuaan dini. Untuk alasan ini, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak.

5. Membuat jantung lebih sehat

Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme dalam beberapa cara, termasuk fluktuasi gula darah. Tekanan darah Anda turun saat Anda tidur, membuat jantung dan pembuluh darah Anda sedikit istirahat.

Tekanan darah Anda akan meningkat untuk jangka waktu yang lebih lama selama siklus 24 jam semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan. Sistem kekebalan dan jantung Anda sama-sama membutuhkan istirahat agar dapat bekerja secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro