Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme tubuh seperti fluktuasi gula darah dan gangguan jantung.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  17:25 WIB
5 Manfaat Tidur Bagi Kesehatan
Ilustrasi wanita tidur nyenyak - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kurang tidur pada malam hari dapat membuat mood terganggu dan Anda mudah tersinggung keesokan harinya. Kurang tidur dapat memengaruhi lebih dari sekadar perasaan Anda di pagi hari. 

Tidur malam yang berkualitas dan cukup sangat penting. Pada kenyataannya, sama pentingnya untuk diet sehat dan olahraga. Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda tahu rasanya tidak enak. 

Simak 5 manfaat tidur bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan Anda

Tidur sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Intinya, baik imunitas bawaan maupun adaptif dipengaruhi oleh tidur. Sel-sel kekebalan dan protein Anda akan lebih mampu menangkis penyakit seperti flu dan pilek ketika tubuh Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan untuk berfungsi.

2. Membantu mencegah berat badan

Kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur menurunkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme adalah bagaimana tubuh mengubah kalori menjadi energi. Menurut penelitian, kurang tidur menyebabkan metabolisme tubuh berfungsi kurang efisien sehingga menyebabkan energi ekstra yang tidak terpakai disimpan sebagai lemak. Selain itu, mendapatkan kualitas tidur yang cukup membuat Anda lebih mudah berolahraga.

3. Ini mengarah ke suasana hati yang lebih baik

Menurut penelitian, orang yang kurang tidur mengalami tingkat emosi negatif yang lebih tinggi (seperti kemarahan, iritasi, ketidaksabaran, dan melankolis) dan tingkat emosi menyenangkan yang lebih rendah. Peningkatan tidur meningkatkan memori, pemahaman, dan pembelajaran. Karena kelelahan, orang yang kurang tidur juga cenderung kurang berolahraga, makan sehat, atau menikmati aktivitas santai.

4. Mencegah penuaan dini

Tubuh sering memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Kulit Anda memulihkan kolagennya dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV saat Anda tidur, yang membantu mencegah keriput dan penuaan dini. Untuk alasan ini, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak.

5. Membuat jantung lebih sehat

Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme dalam beberapa cara, termasuk fluktuasi gula darah. Tekanan darah Anda turun saat Anda tidur, membuat jantung dan pembuluh darah Anda sedikit istirahat.

Tekanan darah Anda akan meningkat untuk jangka waktu yang lebih lama selama siklus 24 jam semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan. Sistem kekebalan dan jantung Anda sama-sama membutuhkan istirahat agar dapat bekerja secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur tips sehat jantung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top