Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Manfaat dan Efek Samping dari Penggunaan Merkuri 

Menghirup uap merkuri bisa berefek bahaya pada sistem saraf, pencernaan, paru-paru dan ginjal hingga dapat berakibat fatal.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 15 Juli 2022  |  13:46 WIB
Ini Manfaat dan Efek Samping dari Penggunaan Merkuri 
Ilustasi perempuan mengaplikasikan skincare yang mengandung merkuri pada wajah - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Merkuri merupakan unsur logam yang sering digunakan dalam pertambangan, pertanian, peralatan listrik hingga medis, tetapi merkuri juga akan menjadi bumerang jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Seperti dalam penggunaannya sebagai bahan kosmetik, merkuri ini disebut sebagai bahan untuk pencerahan kulit dan mengawetkan masa usia dari produk kosmetik tersebut, akan tetapi bahan ini juga memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari who.int pada Jumat (15/7/2022), merkuri ini adalah racun bagi sistem saraf pusat dan perifer. Menghirup uap merkuri dapat menghasilkan efek berbahaya pada sistem saraf, pencernaan, paru-paru dan ginjal hingga dapat berakibat fatal.

Efek Samping Merkuri

Garam anorganik dalam kandungan merkuri bersifat korosif pada kulit, mata dan saluran pencernaan, dalam pengamatan pada pekerja yang terpapar unsur merkuri dengan kadar udara 20 g/m3 atau lebih selama beberapa tahun menyebabkan peningkatan protein dalam urin hingga gagal ginjal.

Dikutip dari Healthline pada Jumat (15/7/2022), efek merkuri ini akan sangat bahaya bagi tumbuh kembang anak, karena jumlah merkuri yang tinggi dapat menyebabkan perubahan neurologis jangka panjang dan terkadang permanen. 

Paparan merkuri ini dapat menyebabkan masalah perkembangan di otak, yang juga dapat mempengaruhi fungsi fisik seperti keterampilan motorik. Dalam beberapa kasus, paparan merkuri pada anak dapat menurunkan kemampuan belajar.

Manfaat Merkuri

Selain bahaya, merkuri juga dapat menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat apabila digunakan dengan baik. Mengutip dari jurnal Universitas Sumatera Utara (USU), merkuri memiliki manfaat yang mencakup aspek lingkungan.

Pemanfaatan merkuri ini telah banyak digunakan di bidang pertanian sebagai bahan yang digunakan untuk membunuh jamur pada hasil tani dan merkuri organik digunakan untuk membasmi hama tanaman seperti dalam buah apel, tomat, kentang dan pembasmi hama padi.

Dalam pembuatan cat juga merkuri ini dimanfaatkan sebagai bahan cat di kawasan yang memiliki kelembapan udara sangat tinggi, karena cat yang memiliki kandungan merkuri mampu mencegah tumbuhnya jamur pada tembok rumah.

Tidak hanya itu, merkuri ini dimanfaatkan juga pada bidang industri, seperti alat-alat listrik yang menggunakan lampu merkuri sebagai penerangan di jalan raya juga sebagai bahan pembuatan baterai yang tahan lama dan tahan terhadap kelembapan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Merkuri Skincare make up perawatan wajah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top