hiu paus
Health

Deretan Ikan dengan Kandungan Merkuri Terbanyak, Apa Bahayanya?

Redaksi
Senin, 19 Agustus 2024 - 13:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ikan merupakan salah satu makanan sehat yang memberikan Anda asupan protein. Meskipun sangat bergizi, faktanya beberapa ikan juga memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Paparan merkuri dapat menyebabkan beberapa maslaah kesehatan, seperti fungsi otak yang buruk, kecemasan, penyakit jantung, dan lain-lain. Dilansir dari Healthline, berikut deretan ikan dengan kandungan merkuri terbanyak dan bahayanya:

Apa itu merkuri?

Merkuri merupakan sebuah logam berat yang ditemukan secara alami di udara, air, dan tanah. Anda dapat terpapar racun ini melalui beberapa cara, seperti menghirup uapnya selama penambangan, atau dengan memakan ikan dan kerang.

Hewan-hewan tersebut menyerap merkuri dalam konsentrasi rendah akibat polusi air. Seiring berjalannya waktu, metilmerkuri—salah satu bentuk organik dari merkuri—dapat terkonsentrasi di tubuh mereka.

Mengapa merkuri berbahaya?

Menurut salah satu studi, asupan ikan yang lebih tinggi dikaitkan dengan kadar merkuri yang lebih tinggi pula. Badan pemerintah AS merekomendasikan Anda untuk menjaga kadar merkuri dalam darah Anda di bawah 5,0 mcg per liter.

Terlalu banyak mengonsumsi merkuri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pada manusia dan hewan, kadar merkuri yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah otak. Menurut sebuah penelitian, hal tersebut berdampak pada penurunan keterampilan motorik halus, ketangkasan, memori, dan perhatian.

Selain masalah otak, Anda juga dapat menderita berbagai kondisi seperti Alzheimer, Parkinson, autisme, depresi, kecemasan, tekanan darah tinggi, peningkatan risiko serangan jantung, dan kolesterol LDL.

Meskipun demikian, manfaat gizi dari ikan kemungkinan besar lebih besar daripada risiko paparan merkuri—selagi Anda membatasi asupan ikan dengan kadar merkuri tinggi.

Beberapa Ikan dengan kandungan merkuri sangat tinggi

Kadar merkuri yang terkandung dalam ikan berbeda-beda, tergantung pada spesies dan tingkat polusi pada lingkungan hidup mereka. Secara umum, ikan yang lebih besar dan berumur lebih panjang cenderung mengandung paling banyak merkuri.

Mereka cenderung memangsa banyak ikan yang lebih kecil–yang juga mengandung merkuri–sehingga kadarnya terakumulasi seiring waktu. Kadar kandungan merkuri dalam ikan diukur dalam satuan parts per million (ppm). Berikut adalah deretan jenis ikan dan makanan laut lainnya dengan kadar merkuri tertinggi:
* Ikan todak, 0,995 ppm
* Hiu, 0,979 ppm
* Makerel raja, 0,730 ppm
* Tuna mata besar, 0,689 ppm
* Marlin, 0,485 ppm
* Tuna kaleng, 0,128 ppm
* Ikan kod, 0,111 ppm
* Lobster Amerika, 0,107 ppm

Beberapa ikan dengan kandungan merkuri rendah:

Ikan dan kerang rendah merkuri berikut merupakan pilihan yang baik, meliputi:
* Ikan lele, 0,025 ppm
* Cumi-cumi, 0,023 ppm
* Ikan salmon, 0,022 ppm
* Ikan teri, 0,017 ppm
* Ikan Sarden, 0,013 ppm
* Tiram, 0,012 ppm
* Kerang, 0,003 ppm
* Udang, 0,001 ppm

Semua hal tersebut adalah tentang preferensi masing-masing individu. Pilihlah ikan dan makanan laut dengan kadar merkuri rendah. Anda dapat mengganti konsumsi ikan-ikan tinggi merkuri dengan ikan alternatif lainnya yang juga tak kalah dalam urusan rasa. Jika Anda merupakan ibu hamil, ibu menyusui, dan anak kecil, ada baiknya agar Anda memerhatikan ikan apa yang Anda konsumsi. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro