Daun binahong
Health

Cek 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Intan Riskina Ichsan
Senin, 18 Juli 2022 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Binahong adalah daun hijau yang berbentuk seperti hati. Mengandung banyak zat penting bagi kesehatan tubuh seperti zat besi, kalsium, riboflavin beta karoten, asam folat, dan lain-lain.

Berdasarkan kandungan tersebut, daun binahong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Anredera cordifolia (Tenore) Steenis atau lebih dikenal dengan binahong, berasal dari suku Basellaceae. Senyawa fitokimia yang terdapat pada daun binahong adalah alkaloid, flavonoid, saponin, dan glikosida.

Dr. Fery Juliawan, M.Th melalui akun Youtube Dokter Fery TV berbagi mengenai manfaat dari daun binahong untuk kesehatan. Berikut lima manfaatnya:

1.  Dapat Mencegah Kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan sangat cepat, serta dapat menyebar ke seluruh organ tubuh. Kandungan zat aktif dari daun binahong seperti beta karoten dan flavonoid dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker secara efektif.

2.  Baik untuk Hipotensi

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang berada di bawah tekanan darah standar atau normal. Hipotensi memberikan gejala pusing, mual, muntah, hingga pingsan. Daun binahong mengandung zat besi yang dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

3.  Melancarkan Menstruasi

Menstruasi adalah suatu proses normal yang dialami wanita pada masa produktif. Wanita akan merasa tidak nyaman jika ada gangguan dalam menstruasi misalnya menstruasi tidak teratur, menstruasi terlalu cepat atau terlalu banyak, dan rasa sakit (dismenore). Kandungan beberapa zat aktif yang ada di daun binahong mempunyai peranan dalam melancarkan proses menstruasi.

4.  Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Perut terasa tidak nyaman, sakit perut, mual, muntah, dan kembung merupakan gejala yang biasanya seirng mucnul jika seseroang mengalami gangguan asam lambung. Daun binahong memiliki manfaat yang dianggap cukup efektif pada gangguan asam lambung.

5.  Mengobati atau Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang disebabkan karena meningkatnya produksi minyak atau sebum. Jerawat terjadi karena pori-pori tersumbat akibat produksi sebum tersebut sehingga harus rutin mencuci muka. Daun binahong mengandung beberapa zat aktif yangberfungsi sebagai anti bakteri sehingga dapat difungsikan untuk mengobati jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro