Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanaman Ini Bisa Redakan Radang dan Nyeri Endometriosis

Ahli terapi nutrisi dari Peyton Principles Caroline Peyton menjelaskan lebih lanjut manfaat daun Jelatang untuk mengatasi nyeri karena Endometriosis.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Juli 2022  |  12:55 WIB
Tanaman Ini Bisa Redakan Radang dan Nyeri Endometriosis
Daun jelatang untuk redakan sakit Endometriosis - permaculturenews.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Endometriosis bisa menjadi kondisi yang "sangat melemahkan" dan "menyakitkan" bagi penderitanya.

Penyakit ini mempengaruhi satu dari 10 wanita, dan saat ini tidak ada obatnya.

Menurut badan amal Endometriosis UK, tanda-tanda "klasik" dari kondisi ini adalah periode yang menyakitkan, nyeri selama atau setelah berhubungan seks, infertilitas, buang air besar yang menyakitkan, dan kelelahan.

Pengobatan umum termasuk pengobatan hormon, penghilang rasa sakit dan pembedahan, meskipun ini semua tindakan sementara.

Tetapi seorang ahli telah menyarankan bahwa tanaman gulma di Inggris, dapat membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan.

Ahli terapi nutrisi dari Peyton Principles Caroline Peyton menjelaskan lebih lanjut manfaat daun Jelatang untuk mengatasi nyeri karena Endometriosis.

Dilansir dari Express, dia menyatakan jelatang dapat menghambat aksi enzim yang disebut aromatase.

“Enzim ini memiliki kemampuan untuk mengubah hormon lain menjadi estrogen. Kelebihan estrogen mempengaruhi pertumbuhan jaringan di luar rahim dan inilah yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit.” paparnya.

Caroline menyatakan selain daunnya, suplemen jelatang juga berfungsi untuk mengatasi rasa sakit ini.

Tapi dia mengatakan tanaman ini bukan menyembuhkan, hanya sekadar mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Jelatang atau latang adalah genus tumbuhan yang berasal dari suku Urticaceae. Daun atau bagian lain dari tumbuhan ini dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit apabila tersentuh. Terna ini dapat hidup tahunan ataupun perenial.

Dilansir dari webmd, jelatang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Ini dikenal karena rambut menyengat yang tumbuh di batang dan daun, dan dapat digunakan sebagai daun kering, beku-kering, atau diekstraksi menjadi tablet, jus, dan teh.

Ilmu pengetahuan modern telah menemukan alasan untuk mendukung banyak kepercayaan kuno tentang efek obat jelatang. Ini asli ke Eropa, Afrika Utara, dan Asia dan banyak digunakan di seluruh cekungan Mediterania di zaman Yunani dan Romawi.

Daun jelatang adalah sumber antioksidan yang kaya, yang dibutuhkan untuk mengurangi jumlah radikal bebas dalam sistem Anda. Vitamin C, misalnya, adalah bantuan yang kuat untuk sistem kekebalan tubuh dan bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Daun jelatang juga mengandung vitamin A, yang diyakini banyak ilmuwan penting untuk kesehatan mata. Selain itu, jelatang memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

endometriosis obat herbal suplemen kesehatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top