Cara mengobati ringworm atau penyakit kurap./Cleveland
Health

Ini 10 Cara Mengobati Penyakit Ringworm

Anshary Madya Sukma
Selasa, 19 Juli 2022 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ringworm merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur tinea yang hidup di jaringan kulit yang mati, termasuk pada kulit rambut Anda.

Dilansir Healthline pada Selasa (19/7/2022), penyakit ini juga sering disalah artikan oleh beberapa orang sebagai penyakit yang disebabkan oleh cacing atau parasit hidup lainnnya.

Orang yang terpapar penyakit ringworm biasanya memiliki ciri bercak merah, bersisik, gatal hingga membentuk lingkaran atau cincin dan inilah yang menjadi asal muasal penamaan ringworm.

Lokasi pertumbuhan jamur penyebab ringworm tidak dapat diprediksi, karena bisa saja tumbuh di berbagai tempat seperti selangkangan atau area antara jari kaki. Namun, umumnya penyakit ini tumbuh pada lengan dan kulit kepala Anda.

Cara mengobati ringworm yang bisa dilakukan di rumah, sebagai berikut:

1. Sabun dan Air

Bila Anda menderita ringworm maka cara paling sederhana adalah dengan mencuci menggunakan sabun dan air sebersih mungkin untuk pencegahan penyebaran ruam lebih lanjut dan membantu menjaga area yang terkena tetap terkendali.

Cuci area yang terkena dengan air dan sabun antibakteri, keringkan area secara menyeluruh setelah mandi, karena kelembapan membuat jamur lebih mudah menyebar.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap ketika dioleskan ke daerah yang terkena. Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel murni dan sapukan bola kapas ke kulit Anda, lakukan ini tiga kali sehari.

3. Minyak Pohon Teh

Penduduk asli Australia secara konvensional menggunakan minyak pohon teh sebagai antijamur dan antibakteri, hal ini bisa sangat efektif dalam mengobati infeksi kulit jamur.

Cara penggunaanya sama seperti cuka sari apel dengan memasukan bola kapas ke dalam minyak pohon teh dan lakukan tiga kali sehari.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat mikroba dan antijamur yang dapat membantu mengobati infeksi ringworm. Minyak ini adalah obat rumah topikal yang sangat efektif untuk ringworm dan infeksi jamur lain, seperti candida. Karena mudah diaplikasikan pada kulit kepala dan kondisioner rambut yang efektif, minyak kelapa bisa menjadi pengobatan yang ideal untuk kurap kulit kepala.

Untuk menggunakannya adalah dengan cara hangatkan minyak kelapa terlebih dahulu sebentar saja, lalu oleskan langsung ke area yang terkena. Ini akan menyerap ke dalam kulit dengan cepat. Terapkan setidaknya tiga kali sehari.

5. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini juga merupakan antijamur yang efektif yang menghambat pertumbuhan.

Tumbuk kunyit dan campurkan dengan sedikit air lalu aduk hingga merata. Oleskan ke kulit Anda dan biarkan sampai mengering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro