Cara mengobati penyakit ringworm atau kurap di kulit tubuh
Health

Ini 10 Cara Mengobati Penyakit Ringworm

Anshary Madya Sukma
Selasa, 19 Juli 2022 - 15:29
Bagikan

Lidah Buaya, Minyak Oregano, Minyak Serai, Bubuk Licorice, dan Antijamur OTC

6. Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat alami untuk infeksi bakteri dan jamur, tidak terkecuali pengobatan ringworm. Lidah buaya ini dapat mengobati ringworm dan dapat meredakan gejala gatal, peradangan, dan ketidaknyamanan lainnya yang disebabkan penyakit ini.

Anda dapat menemukan salep dengan lidah buaya atau mengoleskan gel lidah buaya langsung ke area tersebut tumbuhnya ringworm dan lakukan tiga kali sehari.

7. Minyak Oregano

Minyak esensial Oregano merupakan antijamur yang lebih kuat daripada produk komersial lainnya yang tersedia, minyak ini juga dapat menghambat dan mengobati infeksi kulit jamur, termasuk kutu air dan ringworm.

Minyak oregano adalah ekstrak yang dapat Anda beli secara online atau di toko lainnya. Untuk penggunaan nya pun cukup mudah karena hanya denga mencampur beberapa tetes dengan minyak zaitun atau kelapa, lalu oleskan ke daerah yang terkena penyakit selama tiga kali sehari.

8. Minyak Serai

Ekstrak minyak serai juga ternyata memiliki sifat antijamur yang dapat membantu dalam mengobati infeksi kulit jamur seperti ringworm.

Untuk menggunakan minyak serai, campurkan beberapa tetes minyak serai dengan minyak kelapa atau zaitun dan Oleskan langsung ke kulit selama dua kali sehari.

9. Bubuk Licorice

Licorice memiliki sifat antimikroba yang kuat dan penelitian juga telah menemukan bahwa ekstrak licorice dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk infeksi jamur.

Campurkan delapan sendok tehbubuk licorice dengan secangkir air dan didihkan. Setelah mendidih, kecilkan api dan didihkan selama sepuluh menit. Aduk hingga menjadi pasta. Saat campuran cukup dingin untuk disentuh, oleskan pasta ke area yang terkena dua kali sehari. Biarkan selama setidaknya sepuluh menit.

10. Antijamur OTC

Meskipun bahan-bahan alami sangat bagus, terkadang Anda membutuhkan sesuatu yang sedikit lebih kuat. Obat topikal antijamur OTC tersedia dan efektif untuk kasus penyakit ringworm yang kebal.

Cari bahan yang mengandung bahan aktif anti fungal klotrimazol dan terbinafin lalu oleskan salep ini dua kali sehari.

Kapan harus menemui dokter?

Anda harus menemui dokter jika gejala tidak hilang atau tidak merespon pengobatan dalam waktu dua minggu. Anda juga harus pergi ke dokter jika Anda berada dalam posisi yang kemungkinan dapat menularkannya kepada orang lain.

Dalam beberapa kasus, penyakit ini kadabg tidak merespon pengobatan rumahan atau pengobatan OTC. Maka biasanya dokter akan memberikan resep untuk salep topikal antijamur atau obat oral.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro