Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makanan yang Harus Anda Konsumsi Saat Sakit Tenggorokan

Berikut 10 makanan yang akan membantu meredakan iritasi dan pembengkakan sekaligus mempercepat penyembuhan ketika Anda sakit tenggorokan, dilansir dari PDXENT
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  19:09 WIB
Makanan yang Harus Anda Konsumsi Saat Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sakit tenggorokan menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang-orang dari segala usia.

Meskipun nafsu makan Anda menurun ketika Anda sakit, tetap cobalah untuk makan dengan nutrisi sebanyak yang Anda bisa.

Berikut 10 makanan yang akan membantu meredakan iritasi dan pembengkakan sekaligus mempercepat penyembuhan ketika Anda sakit tenggorokan, dilansir dari PDXENT:

1. Sup Ayam

Sup ayam benar-benar membantu melawan pilek dan infeksi. Para ilmuwan telah menemukan bahwa sup ayam membantu menghambat pergerakan neutrofil, sel darah putih yang bertahan melawan infeksi, dan cairan panasnya meningkatkan pergerakan lendir hidung. Kaldu membuat Anda terhidrasi dan garam memungkinkan jaringan Anda menahan cairan.

2. Madu

Penelitian telah menunjukkan madu efektif dalam menangkal infeksi bakteri dan virus. Tapi batasi asupan Anda karena kandungan gula yang tinggi dapat mencegah sistem kekebalan. Anak-anak di bawah usia satu tahun tidak boleh diberikan madu karena kemungkinan botulisme.

3. Yogurt

Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang sangat baik. Penuh dengan bakteri probiotik yang membantu melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teksturnya yang sejuk dan lembut menjadikannya sumber nutrisi yang ideal saat Anda sakit.

4. Kentang Tumbuk

Makanan lunak adalah solusi yang baik saat Anda sakit salah satunya adalah kentang tumbuk. Kulitnya mengandung magnesium, vitamin C, dan antioksidan yang bermanfaat, yang merupakan bahan-bahan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan yang kuat, jadi biarkan kulitnya saat menumbuk. Pastikan untuk mendinginkannya sebelum makan untuk menghindari iritasi tenggorokan lebih lanjut.

5. Telur

Telur memiliki dosis vitamin D dan B12 yang sehat, serta mineral seperti seng, zat besi, dan selenium, yang semuanya membantu melawan infeksi. Menyajikannya secara orak-arik saat Anda sakit membuatnya lebih mudah untuk dimakan.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang sangat baik untuk membantu membersihkan tubuh Anda dari racun. Tinggi serat dan memiliki bahan-bahan yang sehat seperti magnesium, seng dan antioksidan. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah untuk ditelan saat Anda sedang sakit tenggorokan.

7. Jahe

Akar yang berasal dari Cina ini sangat bagus untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Jahe bekerja sebagai antioksidan, membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Sifat anti-mualnya bekerja dengan baik.

8. Puding

Puding tidak mengandung khasiat obat yang unik dan kandungan gulanya dapat menekan sistem kekebalan tubuh, tetapi teksturnya yang halus membuatnya menjadi makanan yang mudah ditelan saat tenggorokan Anda teriritasi.

9. Es krim

Makanan dingin seperti es krim membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Namun batasi asupannya, karena terlalu banyak gula dapat menghambat efektivitas sistem kekebalan tubuh.

10. Smoothie

Smoothie yang dibuat dengan bahan rendah gula dan antioksidan tinggi seperti buah beri, kangkung atau seledri membantu menenangkan tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tambahkan buah-buahan seperti jeruk keprok untuk meningkatkan vitamin C dan mempercepat pemulihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

radang tenggorokan radang paru-paru makanan Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top