Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yuk Dikonsumsi, Ini Manfaat Vitamin D Buat Tubuh

Vitamin D memiliki segudang manfaat, utamanya pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, kebutuhan akan vitamin D semakin meningkat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  17:30 WIB
Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D - Istimewa
Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D memiliki segudang manfaat, utamanya pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, kebutuhan akan vitamin D semakin meningkat.

“Berdasarkan jurnal penelitian yang ada, jika ingin kuat melawan COVID-19, kadar vitamin D dalam darah sebaiknya berjumlah di atas 60 nanogram/mililiter (ng/ml) atau di atas 80 ng/ml”, kata Spesialis Gizi Klinik dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp GK.

Dr. Cindy menjelaskan bahwa vitamin D ada di bawah kulit tubuh dan sinar matahari membantu tubuh untuk mengaktifkan vitamin D. Sayangnya, tidak semua orang bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

“Karena adanya perubahan pada gen yang berperan menghasilkan enzim untuk mengolah vitamin D pada tubuh. Jadi meski berjemur lama di bawah sinar matahari, ada mereka yang belum bisa mencukupi kebutuhan vitamin D karena keadaan genetik yang berbeda”, ujar dr. Cindy.

Pada orang yang memiliki keadaan genetik tersebut, dibutuhkan suplemen vitamin D untuk mencukupi kebutuhan vitamin D pada tubuh.

Meski demikian, dr. Cindy menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin D dengan pengawasan dokter karena belum ada dosis pasti yang sebaiknya dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya.

“Enggak bisa diterawang ‘oh, dosisnya harus segini’, karena untuk tahu kita kekurangan vitamin D atau tidak itu berdasarkan hasil laboratorium”, ujar dr. Cindy.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin d
Sumber : Antaranews
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top