Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Health

Kopi vs Teh: Mana yang Lebih Banyak Mengandung Kafein?

Alifian Asmaaysi
Rabu, 20 Juli 2022 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menyeruput secangkir teh dan kopi bisa menjadi pendorong semangat lantaran kandungan kafein yang dimilikinya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, kafein bisa sebabkan beberapa masalah mulai dari perasaan gelisah hingga masalah lambung. Lalu, sudahkah Anda mengetahui seberapa banyak kandungan kafein dari teh dan kopi favorit Anda? 

Sebagian orang percaya bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang lebih besar ketimbang teh. Namun nyatanya, hal itu tidak selalu benar karena daun teh memiliki jumlah kafein yang lebih besar dibanding biji kopi.

Kafein merupakan salah satu zat adiktif ringan. Terlalu banyak mengonsumsi kandungan kafein juga dapat menimbulkan berbagai masalah. Karenannya, penting bagi Anda untuk memperhatikan konsumsi kandungan kafein harian Anda.

Alasan Penting Untuk Memperhatikan Batas Konsumsi Kafein 

Kafein adalah salah satu stimulan alami yang paling populer dan paling mudah didapatkan. Hal ini dikarenakan, kafein dapat dengan mudah ditemukan di lebih dari 60 spesies tanaman. 

Umumnya, orang di seluruh dunia mengonsumsi kafein dalam bentuk kopi, coklat, teh, dan beberapa makanan dan minuman lainnya. Setiap makanan dan minuman tersebut memiliki jumlah kandungan kafein yang bervariasi tergantung pada bahan dan bagaimana makanan atau minuman itu diolah. 

Meskipun tergolong sebagai zat adiktif ringan, kafein memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, perlu juga menjadi perhatian bahwa, konsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Menurut USDA (Departemen Pertanian AS), individu yang sehat mengkonsumsi hingga 400 mg kafein per hari. Secara terperinci, sekitar 200 mg dalam satu porsi. 

Ketika kafein dikonsumsi dalam jumlah tersebut, kafein mampu memberikan manfaat kesehatan seperti kewaspadaan yang lebih baik, peningkatan kinerja atletik, suasana hati yang lebih baik, dan metabolisme yang meningkat. 

Namun, jika konsumsi kafein di atas jumlah yang disarankan misalnya 500 mg dalam dosis tunggal (satu cangkir kopi sekaligus) hal tersebut dapat menyebabkan gejala parah seperti insomnia, kecemasan, sakit kepala, asma, dan rasa gelisah. 

Itulah mengapa penting untuk memahami kandungan kafein dari minuman favorit Anda. Artikel ini akan membahas semua tentang kandungan kafein dari berbagai jenis teh beserta perbandingannya dengan kopi untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro