Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Hindari Penularan Diare dan Ispa Pada Anak

Diare dan ISPA menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak di Indonesia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  13:10 WIB
Ini Cara Hindari Penularan Diare dan Ispa Pada Anak
Diare pada bayi di bawah lima tahun bisa menyebabkan kematian.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, memberikan dampak dan perubahan terhadap kehidupan masyarakat tak terkecuali anak-anak.

Pembatasan mobilitas dan terbatasnya interaksi sosial bersama teman-teman di sekolah bukan hal yang mudah untuk diterima anak-anak termasuk pengetatan gaya hidup bersih dan sehat seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI Imran Agus Nurali mengatakan berdasarkan data dari UNICEF, diare dan ISPA menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak di Indonesia.

Bahkan diare bisa menyebabkan kematian pada anak yakni sebanyak 18 persen dari semua kematian anak-anak di bawah 5 tahun di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa CTPS memiliki peranan penting untuk mencegah penularan penyakit dan Covid-19.

Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian dan peran serta  edukasi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan diri dan lingkungan, diperlukan kolaborasi pentahelix sebagai upaya pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Kampanye Edukasi Anak Kreatif Aktif dan Optimis

Kolaborasi ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kao Indonesia dengan Kemenkes RI.

Imran mengatakan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dilakukan secara berkelanjutan ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat di lingkup sekolah, mulai dari siswa-siswi, guru hingga masyarakat sekolah dan juga orang tua.

"Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," jelasnya.

Susilowati, VP Marketing PT Kao Indonesia mengatakan pihaknya berfokus pada peningkatan kesadaran dan pemberian dukungan fasilitas sabun cuci tangan serta wastafel untuk anak usia sekolah.

"Implementasi Anak KAO ini juga sekaligus ditandai dengan diluncurkannya platform edukasi Kao Life Academy sebagai wujud nyata Inovasi untuk Peduli di era digital," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan anak Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top