Petai/bulelengkab.go.id
Health

Beragam Manfaat Petai untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Agustus 2022 - 10:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae).

Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae).

Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Berikut beragam manfaat petai untuk kesehatan dilansir dari laman resmi morula.ivf dan lemonilo:

1. Meredakan Penyakit Kulit Psoriasis

Petai cina diyakini dapat membantu pasien penderita penyakit kulit psoriasis. Menurut data yang dihimpun oleh International Journal of Molecular Sciences, psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi kronis dengan predisposisi genetik kuat dan memiliki sifat patogen autoimun. Secara garis besar, psoriasis memang tidaklah menular, akan tetapi bila dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, psoriasis akan menjalar keseluruh bagian tubuh dengan cepat.

2. Mengatasi Anemia

Suatu penelitian menyebutkan petai cina sebagai satu dari sekian makanan yang kaya akan zat besi. Sebagaimana diketahui, zat besi cukup efektif dalam membantu mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah ibu hamil. Dengan demikian, mengkonsumsi petai cina secara rutin akan sangat bermanfaat bagi penderita anemia guna meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh secara alami.

3. Membunuh Cacing di Tubuh

Keberadaan cacing pada sistem pencernaan seringkali menghambat proses penyerapan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungannya pun terancam kurang. Jika dibiarkan berlarut-larut, tumbuh kembang janin dikhawatirkan akan terganggu. Sebuah studi yang menggunakan sampel sejumlah masyarakat Tiongkok menunjukkan bahwa petai cina dapat mengobati cacingan. Senyawa yang terkandung dalam petai cina diyakini ampuh menghilangkan cacing cincin dan cacing gelang dalam tubuh ibu.

4. Menetralisir Racun dalam Tubuh dan Mengobati Kanker

Sering beraktivitas di luar ruangan membuat tubuh menerima lebih banyak paparan radikal bebas. Pada akhirnya, hal tersebut bakal meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Biji petai cina yang diekstrak dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas sekaligus mengurangi risiko kanker. Selain itu, petai cina mengandung zat tanin atau suatu senyawa polifenol yang dapat menetralisir racun dalam tubuh akibat radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi wortel, ibu hamil memiliki opsi menu harian lain untuk menjaga kesehatan matanya yaitu petai cina. Biji petai cina mengandung vitamin A yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Petai cina kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Sebut saja kalsium, fosfor, zat besi, kalian, protein, seng, dan tembaga. Dengan mengkonsumsi petai cina secara teratur, ibu hamil akan terhindari dari berbagai resiko radang sendi, rematik, kram, serta meminimalisir risiko osteoporosis.

7. Meredakan Nyeri

Sejumlah negara dunia banyak memanfaatkan kulit kayu petai cina sebagai obat herbal untuk menghilangkan kram dan nyeri otot ketika haid dan hamil. Disamping itu, kulit batang pohon petai cina juga dapat difungsikan sebagai analgesik alami.

8. Melawan Radikal Bebas

Manfaat petai yang pertama adalah untuk melawan adanya radikal bebas. Petai termasuk salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa melawan dampak dari radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel akibat radikal bebas bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes.

9. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Petai juga bermanfaat untuk pencernaan manusia. Petai adalah sumber serat yang baik. Terpenuhinya asupan serat yang cukup akan membantu terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, serat juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil akan berkurang. Hal ini membuat petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar menunjang kelangsungan hidup. Perannya yang begitu penting, kesehatan jantung tentunya harus senantiasa dijaga. Salah satu caranya dengan konsumsi petai. Hal ini karena kandungan serat, antioksidan, dan kalium di dalam petai. Kalium adalah elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

11. Mengontrol Gula Darah

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu tanda terkena penyakit diabetes. Jika dibiarkan berkepanjangan, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol akan menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah penyakit diabetes dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi diabetes. Gula darah tersebut bisa dikontrol dengan rutin olahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan gula.

Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai. Ini karena adanya kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

12. Mengatasi Infeksi

Beberapa hasil studi di laboratorium menunjukkan, bahwa ekstrak petai dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Hasil temuan ini memberikan petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur. Namun, data tersebut belum dapat menyimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro