Ilustrasi perempuan Korea Selatan memiliki kulit yang bersih, mulus, dan terawat/Indian Express
Health

Ini Manfaat dari Retinol di Skincare Wajah

Anshary Madya Sukma
Selasa, 2 Agustus 2022 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Retinol merupakan bahan skincare atau perawatan kulit yang sering digunakan untuk melawan penuaan pada kulit. Namun, disamping manfaatnya ternyata retinol juga memiliki efek samping yang berbahaya.

Menurut ahli kecantikan untuk Skinbetter Science, Amanda von dem Hagen mengatakan bahwa retinol ini merupakan bahan standar dalam perawatan kulit dengan kemampuan untuk melawan sel-sel tua sehingga mereka akan terlihat menjadi lebih muda.

“Ini menghaluskan dan menghaluskan tekstur kulit, meningkatkan cahaya kulit dan mengobati penuaan," kata Amanda.

Manfaat Retinol

Dilansir dari Healthline pada Selasa (2/8/2022), retinol adalah sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A. Retinol tidak mengangkat sel kulit mati, seperti banyak produk lain untuk kulit dewasa. Sebaliknya, molekul kecil yang membentuk retinol akan masuk jauh di bawah epidermis (lapisan luar kulit) ke dermis Anda.

Begitu berada di lapisan tengah kulit, retinol akan membantu menetralisir radikal bebas serta meningkatkan produksi elastin dan kolagen, yang menciptakan efek mengencangkan kulit Anda.

Sementara itu, retinol juga kadang-kadang digunakan untuk membantu mengobati jerawat serta jaringan parut, untuk kondisi khusus seperti jerawat parah biasanya diobati melalui resep retinoid bersama dengan obat lain yang membantu menghilangkan peradangan dan bakteri.

Terakhir, retinol ini memiliki efek pengelupasan pada permukaan kulit yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Untuk mencapai hasil terbaik dari produk perawatan kulit yang mengandung retinol, maka Anda dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari dan hasil akan terlihat secara signifikan dalam beberapa minggu.

Menurut American Academy of Dermatology berikut ini tips penggunaan retinol di malam hari yang bisa dikolaborasikan dengan pelembab:

1. Cuci muka.

2. Keringkan wajah Anda.

3. Oleskan retinol.

4. Tunggu beberapa menit, lalu oleskan pelembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro