Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berikut 14 Jenis Pengobatan Kanker

Kemoterapi mampu mencegah kanker menyebar, membuatnya tumbuh lebih lambat, atau bahkan membunuh sel kanker.
1

Kemoterapi hingga Transplantasi Sel Induk

Ilustrasi kanker dubur yang bisa disembuhkan dengan obat Dostarlimab - Daily Mail
Ilustrasi kanker dubur yang bisa disembuhkan dengan obat Dostarlimab - Daily Mail

1. Kemoterapi (Kemo)

Kemoterapi mampu mencegah kanker menyebar, membuatnya tumbuh lebih lambat, atau bahkan membunuh sel kanker. Dapat menyebabkan efek samping karena membunuh sel-sel di tubuh Anda yang tumbuh dengan cepat, termasuk yang ada di darah, mulut, sistem pencernaan, dan folikel rambut Anda. Ada lebih dari 100 jenis obat kemo. Dokter Anda akan memilih salah satu yang terbaik untuk jenis kanker Anda.

2. Radiasi Sinar Eksternal

Pengobatan ini menyerang sel kanker dengan partikel berenergi tinggi (proton atau terapi partikel) atau gelombang (sinar-X). Ini membunuh atau merusak sel-sel di satu area tertentu, bukan di seluruh tubuh Anda. Jenis yang paling umum berasal dari mesin di luar tubuh Anda. Ini disebut radiasi sinar eksternal.

3. Radiasi Internal

Dokter biasa menyebutnya brachytherapy. Mereka akan menempatkan implan radioaktif seukuran sebutir beras di dalam tubuh Anda di mana tumor itu berada. Radiasi membunuh sel kanker. Perawatan ini membuat Anda radioaktif untuk sementara waktu, jadi Anda harus menghindari orang lain sampai selesai.

4. Operasi Terbuka

Pembedahan akan bekerja paling baik jika Anda memiliki tumor padat di satu area. Seringkali tidak dapat mengobati kanker yang telah menyebar atau kanker yang ada dalam darah Anda, seperti leukemia. Dokter bedah membuat sayatan di kulit Anda dengan pisau bedah atau alat tajam lainnya dan mengangkat tumor sebanyak mungkin. Mereka juga dapat mengambil kelenjar getah bening dan jaringan lain untuk pengujian.

5. Bedah Minimal Invasif

Tujuan dari prosedur ini sama dengan operasi terbuka yaitu untuk mengangkat tumor, jaringan dan kelenjar getah bening jika diperlukan. Alih-alih satu potongan besar, ahli bedah membuat beberapa potongan kecil. Mereka memasukkan tabung dengan kamera kecil ke dalam satu potongan untuk melihat ke dalam tubuh Anda, dan alat-alat ke bagian lainnya. Biasanya memiliki waktu pemulihan yang lebih pendek.

6 Pembedahan Lainnya

-          Cryosurgery menggunakan nitrogen atau gas argon yang sangat dingin untuk membekukan jaringan abnormal. Dapat mengobati beberapa kanker kulit dini, retinoblastoma, dan bintik-bintik prakanker pada kulit atau leher rahim Anda.

-          Terapi fotodinamik adalah operasi laparoskopi yang menempatkan obat di dekat tumor. Cahaya mengaktifkan obat, dan membunuh sel kanker.

-          Operasi laser menggunakan sinar cahaya yang kuat untuk memotong kulit Anda. Ini bagus untuk area yang sangat kecil. Laser juga terkadang dapat mengecilkan tumor.

7. Transplantasi Sel Induk

Ini adalah sel-sel dalam darah dan sumsum tulang Anda yang belum matang menjadi bentuk akhirnya. Dokter menggunakannya untuk menggantikan sel-sel di sumsum tulang Anda yang dibunuh oleh pengobatan lain. Anda mendapatkan transplantasi sel induk melalui kateter, seperti transfusi darah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top