Ilustrasi kanker prostat/Mayo Clinic
Health

Berikut 14 Jenis Pengobatan Kanker

Intan Riskina Ichsan
Sabtu, 6 Agustus 2022 - 02:52
Bagikan

Pengobatan Presisi hingga Adoptive Cell Transfer (ACT)

8. Pengobatan Presisi

Bidang baru ini menggunakan susunan genetik Anda dan hal-hal lain untuk menemukan pengobatan terbaik untuk kanker Anda. Dokter Anda memilih opsi yang paling cocok untuk sebagian besar kanker milik Anda. Obat presisi membantu menghilangkan beberapa tebakan dari proses seleksi. Ttidak digunakan secara luas untuk semua bentuk penyakit.

9. Terapi yang Ditargetkan

Biasanya digabung dengan pengobatan lain. Termasuk obat kuat seperti kemoterapi, tetapi tidak membunuh semua sel yang tumbuh cepat, melainkan masuk ke bagian sel kanker yang membuatnya berbeda dari sel lain. Obat menghentikan pembuluh darah agar tidak tumbuh di sekitar sel kanker atau mematikan sinyal yang memberi tahu sel kanker untuk tumbuh.

10. Terapi Hormon

Juga disebut terapi endokrin, terapi ini menargetkan kanker yang menggunakan hormon untuk tumbuh. Dokter menggunakan terapi hormon untuk mengecilkan tumor sebelum operasi atau pengobatan, atau untuk membunuh sel kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Dapat menurunkan kemungkinan kanker Anda akan kembali.

11. Terapi Gen

Pengobatan ini menggunakan pembawa khusus, biasanya virus, untuk memasukkan RNA atau DNA ke dalam sel hidup Anda. Dokter Anda akan mengeluarkan beberapa sel Anda dan memasukkan materi genetik ke dalamnya di laboratorium. Sel-sel yang berubah kemudian membunuh sel kanker, memperlambat pertumbuhannya, atau membantu sel-sel sehat melawan kanker dengan lebih baik.

12. Imunoterapi

Jenis terapi biologis, atau bioterapi, menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan kanker. Baik dalam meningkatkan sistem kekebalan Anda atau menandai sel-sel kanker sehingga sistem kekebalan Anda dapat menghancurkannya dengan lebih mudah. Dapat melalui mulut sebagai pil, ke pembuluh darah sebagai infus, mengoleskan krim ke kulit, atau melalui kateter langsung ke kandung kemih Anda.

13. Imunoterapi Lainnya

- Checkpoint inhibitor adalah obat yang mengerem sistem kekebalan Anda untuk membantunya menemukan dan menyerang sel kanker.

- Vaksin kanker memulai respons kekebalan terhadap sel kanker sehingga tubuh Anda dapat menyerangnya dengan lebih baik. Dapat mencegah kanker tertentu.

- Antibodi monoklonal adalah obat yang dibuat di laboratorium untuk bekerja seperti antibodi alami Anda. Menandai sel kanker sebagai sel yang harus diserang oleh sistem kekebalan Anda. Dapat membantu kemoterapi dan radiasi langsung ke sel kanker.

14. Adoptive Cell Transfer (ACT)

Ini adalah jenis imunoterapi lain, tetapi juga melibatkan terapi gen. Dokter mengambil sel kekebalan dari darah Anda dan menambahkan gen untuk mengubahnya sehingga mereka dapat mengenali dan membunuh sel kanker dengan lebih baik. Kemudian mereka menumbuhkan banyak sel-sel ini di laboratorium dan memasukkannya kembali ke dalam tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro