Sejumlah penari membawa bendera Merah Putih dalam acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/6/2022). Acara tersebut menjadi penanda secara resmi dimulainya tahapan-tahapan Pemilu, yakni Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada 27 November 2024. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Entertainment

Uniknya Lagu Indonesia Raya Dibawakan Versi Bahasa Jepang

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaaan Indonesia yang kerap dikumandangkan saat upacata bendera termasuk saat HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Lagu ini digubah oleh Wage Rudolf Soepratman pada tahun 1924 dan kemudian diperkenalkan di depan khalayak pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda II di Batavia (Jakarta).

Setelah beberapa kali mengalami perubahan, lagu "Indonesia Raya" diputar dalam upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia seusai pembacaan Teks Proklamasi oleh Soekarno.

Lagu "Indonesia Raya" yang gubahannya sempat ditinjau ulang kemudian diatur keabsahannya sebagai lagu kebangsaaan dalam PP No. 44 Tahun 1958.

Keabsahannya sebagai lagu kebangsaan dikukuhkan lebih jauh dengan ditetapkannya amandemen kedua UUD 1945 yang memasukkan butir "Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya" dalam Pasal 36B, dan juga disahkannya UU No. 24 Tahun 2009.

Ternyata, selain dinyanyikan dalam bahasa Indonesia, lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan dalam bahasa Jepang.

Rizal Ramli dalam akun twitternya @rizalramli mengunggah video lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Jepang.

Penampilan lagu tersebut diduga berasal dari adegan sebuah karya teater panggung bernama Shiki Teater.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro