Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HUT ke-77 RI, Ini Ayat-ayat Al-Qur'an tentang Cinta Tanah Air

Berikut 3 ayat al quran yang menjabarkan keharusan cinta tanah air yang bisa Anda baca dan amalkan
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  12:49 WIB
HUT ke-77 RI, Ini Ayat-ayat Al-Qur'an tentang Cinta Tanah Air
Santri Pondok Pesantren Baitul Mustofa, Kedung tungkul, Mojosongo, Solo mengikuti Tadarusan dengan penerangan Senthir (lampu minyak) di halaman pondok, Senin (27/5/2020). Selain berharap Lailatul Qadar kegiatan tersebut juga untuk melatih kepekaan para santri dalam membaca kitab suci Al Quran. - Espos/Sunaryo Haryo Bayu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia tengah merayakan hari kemerdekaannya yang ke-77.

Kebersamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini yang harus tetap dijaga di tengah perbedaan yang sangat kentara, mulai suku, bahasa, hingga agama.

Setidaknya, ada 3 ayat Al-Qur’an yang mengingatkan umat Islam untuk dapat setia bernegara dan berbangsa, serta menjaga stabilitas negaranya agar tetap aman dan damai, tanpa adanya persinggungan di dalamnya.

Berikut 3 ayat al quran yang menjabarkan keharusan cinta tanah air yang bisa Anda baca dan amalkan.

1. Al-Qashash [28] ayat 85

 إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ

Artinya: “Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” (QS. Al Qashash: 85)

Ada yang menafsirkan kata ma’ad dengan Makkah, akhirat, kematian, dan hari kiamat. Namun menurut Imam Fakhruddin Al-Razi dalam tafsirnya Mafatih Al-Ghaib, mengatakan bahwa pendapat yang lebih mendekati yaitu pendapat yang menafsirkan dengan Makkah.

Dalam tafsirnya Ruhul Bayan, Ismail Haqqi menyampaikan bahwa ayat di atas menjadi dalil untuk cinta tanah air. Sebab, diksinya menunjukkan isyarah untuk cinta terhadap tanah air mengingat Rasulullah saw juga kerap menyebut tanah air dalam perjalanan hijrahnya.

2. QS At-Taubah ayat 122

وَما كانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ 

Artinya: "Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya." (QS. At-Taubah: 122)

Menurut Syekh Muhammad Mahmud al-Hijazi dalam Tafsir al-Wadlih, bahwa cinta tanah air adalah sebuah kewajiban suci. Sebab, tanah air membutuhkan pejuang dengan pedang dan pejuang dengan argumentasi.

3. QS An-Nisa [4] ayat 66

وَلَوْ أَنَّا كَتَبْنَا عَلَيْهِم أَنِ اقْتُلُوْا أَنْفُسَكم أَوِ أخرُجُوا مِن دِيَارِكُمْ مَا فَعَلُوْه إِلَّا قليلٌ مِنْهُمْ   

Artinya: “Dan sesungguhnya jika seandainya Kami perintahkan kepada mereka (orang-orang munafik): ‘Bunuhlah diri kamu atau keluarlah dari kampung halaman kamu!’ niscaya mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka..." (QS. An-Nisa': 66).

Syekh Wahbah Al-Zuhaily menyampaikan dalam tafsirnya al-Munir fil Aqidah wal Syari’ah wal Manhaj, bahwa ayat di atas menjadi petunjuk atau dalil untuk mencintai tanah air. Sebab, orang memiliki ketergantungan terhadap negerinya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

HUT RI al quran 17 agustus
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top