Doa Salat Jenazah Lengkap Untuk Laki-Laki dan Perempuan (pixabay)
Relationship

Doa Salat Jenazah Lengkap untuk Laki-Laki dan Perempuan

Nuraini
Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Doa salat jenazah menjadi salah satu yang penting untuk diketahui. Bahkan di beberapa sekolah praktik tata cara salat jenazah sebagai salah satu komponen penilaian dalam sebuah mata pelajaran. 

Agar bisa mengikuti salat jenazah ketika ada yang meninggal, tentu harus hafal atau mengetahui tata caranya. Doa salat jenazah untuk laki-laki dan perempuan tentu ada perbedaan di dalam bacaannya. 

Lalu apa saja yang menjadi perbedaannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Doa salat Jenazah Perempuan

Terdapat perbedaan pelafalan dari salat jenazah perempuan dan laki-laki sehingga saat Anda melaksanakan sholat jenazah jangan sampai salah dalam melafalkannya. Berikut ini merupakan niat sholat jenazah untuk perempuan.

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”.

Artinya: “Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Setelah melafalkan niat Anda juga perlu mengetahui terkait dengan doa setelah sholat jenazah untuk perempuan yaitu sebagai berikut. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa Wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa Wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar.”

Selain bacaan di atas, ada juga doa sholat jenazah perempuan yang singkat. Doa singkat tersebut yaitu “Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa.”

Doa Setelah salat Jenazah Laki-Laki

Jika jenazah yang akan disholatkan berjenis kelamin laki-laki, maka niat dan doanya berbeda. Adapun niat sholat jenazah laki-laki, seperti berikut: 

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Sementara itu, doa sholat jenazah untuk laki-laki, seperti berikut berikut.

"Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naarAtau dengan versi pendek yaitu: Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu".

Selain doa di atas, ada juga doa salat jenazah laki-laki yang singkat. Adapun bacaan doa sholat jenazah laki-laki singkat, yaitu: 

“Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu”.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia.”

Itulah niat dan doa salat jenazah yang harus diketahui. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa ada perbedaan niat dan doa untuk sholat jenazah laki-laki dan perempuan. 

Dengan membacakan doa salat jenazah, maka kita turut mendoakan jenazah agar senantiasa diampuni Allah SWT dan diterima amal ibadahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro