Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Lidah buaya dapat membantu dengan berbagai penyakit yang mungkin mempengaruhi kulit Anda.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  21:10 WIB
Ilustrasi - Trendyfeeds
Ilustrasi - Trendyfeeds
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan nutrisi untuk rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat baik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit dan wajah.

Tumbuh-tumbuhan yang memiliki nama latin sebagai Aloe Vera ini mampu menenangkan kulit yang meradang, terbakar, luka kecil, hingga lecet.

Ketika digunakan dengan benar, lidah buaya dapat membantu dengan berbagai penyakit yang mungkin mempengaruhi kulit Anda. Berikut 10 manfaat menggunakan lidah buaya untuk wajah.

10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah buaya dapat mengatasi beberapa masalah kulit wajah, diantaranya adalah:

1. Luka bakar

Lidah buaya kerap dipercaya sebagai obat untuk mengatasi luka bakar. Lantas, apakah benar demikian? Hal tersebut merupakan fakta, pasalnya lidah buaya memiliki senyawa "glukoman" yang dapat mendorong terjadinya regenerasi sel dan terbentuknya kolagen (protein yang bisa membantu mempercepat sembuhnya luka). 

Untuk luka bakar ringan, oleskan gel lidah buaya ke area yang terkena hingga tiga kali sehari. Anda mungkin juga perlu melindungi area tersebut dengan kain kasa.

2. Terbakar sinar matahari

Selain dapat mengatasi masalah luka bakar, ternyata lidah buaya juga dapat membantu menenangkan kulit terbakar akibat sengatan matahari. Kendati demikian, penggunaan lidah buaya untuk menenangkan kulit dari sengatan matahari bukanlah pilihan yang paling bagus. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan untuk tetap menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan.

3. Lecet kecil

Terkadang, wajah kita tak luput dari luka-luka kecil saat jerawat muncul, atau bahkan luka cakaran dari kucing kesayangan yang mendarat di pipi.

Jika bagian wajah Anda mengalami luka kecil, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. Gunakan tiga kali per hari untuk mendapatkan hasil penyembuhan yang maksimal.

4. Luka Sayat Ringan

Jika Anda terbiasa menggunakan Neosporin untuk luka sayat kecil, pertimbangkan untuk mencoba lidah buaya. Struktur molekulnya membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan meminimalkan jaringan parut dengan meningkatkan kolagen dan melawan bakteri. 

5. Kulit kering

Berlibur ke daerah dingin membuat kulit kering? Tak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan pelembab wajah alami. Tekstur gel lidah buaya yang mudah menyerap, menjadikannya sangat ideal untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Rutin menggunakan lidah buaya sesaat setelah mandi dapat membantu mengunci kelembapan kulit wajah.

6. Mengatasi Frostbite

Frostbite adalah kondisi serius saat kulit dan jaringan di bawahnya rusak atau mati akibat paparan suhu yang luar biasa dingin. Kondisi ini memerlukan perawatan medis darurat. Sementara itu, Anda dapat mengenakan gel lidah buaya untuk menghindari frostbite menyerang. Lidah buaya juga telah digunakan sejak lama sebagai obat radang dingin. Namun, ada baiknya untuk tetap menanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencobanya.

7. Luka dingin

Luka dingin adalah sebuah kondisi dimana kulit mengalami luka kecil seperti lentingan lepuh yang dapat menyebabkan rasa sakit, sensasi terbakar, atau gatal sebelum pecah. Dilansir dari Healthline, Lidah buaya dapat membantu mengobati virus herpes, yang juga merupakan penyebab luka dingin. Oleskan sedikit gel ke sakit dingin Anda dua kali sehari sampai hilang.

8. Eksim

Efek pelembab lidah buaya dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang berhubungan dengan eksim. Gel lidah buaya juga dapat membantu meringankan dermatitis seboroik. Meskipun bentuk eksim berminyak ini paling sering ditemukan di kulit kepala, eksim juga dapat memengaruhi bagian wajah dan di belakang telinga.

9. Psoriasis

Seperti halnya eksim, lidah buaya juga dapat membantu meringankan peradangan dan gatal-gatal akibat psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

10. Jerawat inflamasi

Karena efek anti-inflamasi lidah buaya, gel aloe vera dapat membantu mengobati bentuk peradangan jerawat, seperti pustula dan nodul. Oleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari.

 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lidah buaya kesehatan tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top