Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! Ini 4 Tanda Gagal Jantung yang Tidak Disadari

Berikut ini empat gejala gagal jantung yang kadang tidak Anda sadari dan ternyata bisa berbahaya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  19:15 WIB
Waspada! Ini 4 Tanda Gagal Jantung yang Tidak Disadari
Ilustrasi gagal jantung - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu penyakit yang ditakutkan semua orang dan mematikan selain kanker, adalah penyakit jantung, termasuk gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi saat jantung tidak mampu memompa darah dan oksigen yang akan dialirkan ke organ tubuh yang lain.

Tidak berbeda dengan jenis penyakit kardiovaskular lainnya, gagal jantung juga berisiko kematian. Bahkan kegagalan jantung memompa darah dan oksigen ini bisa jadi merupakan tanda halus kematian.

Jika sudah terjadi gagal jantung, umumnya penyakit ini tidak dapat diobati, namun bisa dicegah. Kebiasaan meminum alkohol dalam jumlah yang banyak, kurangnya aktivitas fisik, terlalu banyak konsumsi garam, lemak dan kolesterol dapat tingkatkan risiko gagal jantung.

Selain itu, punyai penyakit jantung lain, punyai riwayat serangan jantung, punyai tekanan darah tinggi dan diabetes juga dapat tingkatkan risiko terkena penyakit gagal jantung ini.

Berikut ini empat gejala gagal jantung yang kadang tidak Anda sadari dan ternyata bisa berbahaya.

1. Sesak napas

American Heart Association melaporkan, masalah pernapasan yang parah berkaitan dengan peningkatan risiko kematian. Dan sesak napas adalah ciri-ciri dari gagal jantung. Bahkan gangguan kondisi pernapasan lain seperti gangguan paru obstruktif kronis dapat terjadi bersamaan dengan gagal jantung.

Tidak heran kalau di film-film, pada adegan gagal jantung ataupun serangan jantung, para aktor ataupun aktris beradegan sesak napas dan memegangi dada.

2. Mual

Dalam laporan medis yang sama menyebutkan bahwa mual, muntah, sakit perut dan kehilangan nafsu makan termasuk gejala awal gagal jantung. Lalu, pengecilan otot akibat gagal jantung bisa menunjukkan bahwa penyakit gagal jantung ini akan berkembang pada tahap berikutnya yang lebih parah.

Selain mual, gejala lain dari penyakit ini adalah kelelahan, pergelangan kaki ataupun kaki bengkak.

3. Insomnia, depresi dan kecemasan

Gagal jantung dapat menyebabkan insomnia karena penderita gagal jantung seringkali merasakan sesak napas saat berbaring, sehingga kesulitan untuk terlelap. Lalu efek samping dari obat gagal jantung juga dapat membuat orang yang meminumnya sering buang air kecil pada malam hari.

Hal ini dikarenakan obat ini dapat menghilangkan cairan yang menumpuk dalam paru-paru yang menyebabkan sesak napas serta kaki bengkak.

Pada laporan yang sama yang dilaporkan oleh American Heart Association menyebutkan, 25% hingga 30% orang dewasa penderita gagal jantung mengalami gangguan mood dan depresi, serta insomnia.

4. Sakit perut dapat dialami wanita gagal jantung

Selain itu, wanita penderita gagal jantung dapat lebih mungkin mengalami sakit perut, berkeringat, bengkak, nyeri, depresi, mual hingga kualitas hidup yang rendah dibandingkan pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top