Ilustrasi menopause pada perempuan dan cara mengatasinya
Health

Perempuan Menopause di Bawah Usia 40 Tahun, Rentan Gagal Jantung

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 4 Agustus 2022 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi mengungkapkan bahwa perempuan yang mengalami menopause dini sebelum usia 40 sepertiga lebih mungkin untuk menderita gagal jantung.

Para peneliti menyelidiki apakah penurunan kadar hormon dapat membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular.

Studi ini menganalisis data dari 1,4 juta wanita Korea yang mengambil bagian dalam pemeriksaan kesehatan melalui Sistem Asuransi Kesehatan Nasional negara itu.

Mereka yang mengalami menopause dini memiliki risiko gagal jantung 33 persen lebih tinggi, risiko fibrilasi atrium 9 persen lebih tinggi - suatu kondisi yang menyebabkan irama jantung tidak teratur - selama periode tindak lanjut rata-rata sembilan tahun.

Sekitar 1 persen wanita diperkirakan terkena menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun.

Penulis studi Dr Ga Eun Nam, dari Korea University College of Medicine di Seoul, mengatakan wanita dengan menopause dini harus menyadari bahwa mereka mungkin lebih mungkin untuk mengembangkan gagal jantung atau fibrilasi atrium daripada rekan-rekan mereka.

"Ini mungkin motivasi yang baik untuk meningkatkan kebiasaan gaya hidup yang diketahui terkait dengan penyakit jantung, seperti berhenti merokok dan berolahraga."

Menopause menyebabkan penurunan kadar estrogen alami dan perubahan distribusi lemak tubuh, membuat wanita lebih rentan terhadap masalah seperti tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko masalah jantung.

"Kesalahpahaman bahwa penyakit jantung terutama mempengaruhi pria berarti bahwa faktor risiko spesifik jenis kelamin sebagian besar telah diabaikan. Bukti terakumulasi bahwa menjalani menopause sebelum usia 40 tahun dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung di kemudian hari.” tambahnya dilansir dari Express.

Dia memaparkan hasil studi mereka menunjukkan bahwa riwayat reproduksi harus dipertimbangkan secara rutin selain faktor risiko tradisional seperti merokok ketika mengevaluasi kemungkinan gagal jantung dan fibrilasi atrium di masa depan.

Temuan ini dipublikasikan di European Heart Journal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro