Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 10 Manfaat Kesehatan Kayu Manis Bagi Tubuh

Kayu manis adalah rempah-rempah yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon yang memiliki khasiat bagi kesehatan.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 03 September 2022  |  10:37 WIB
Ini 10 Manfaat Kesehatan Kayu Manis Bagi Tubuh
Kayu manis - kemendag.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kayu manis adalah rempah-rempah yang terkenal karena kelezatannya. Biasanya kayu manis digunakan sebagai bahan penyedap untuk membuat kue, masakan dan minuman. Namun, tahukah Anda bila kayu manis ternyata miliki segudang manfaat untuk tubuh?

Dilansir dari Healthline pada Jumat (2/9/2022), rempah memiliki cita rasa manis dan sedikit pedas ini telah lama dikenal karena sifat obatnya selama ribuan tahun. 

Ini 10 manfaat kayu manis untuk kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah:

1. Kaya Manfaat untuk Metabolisme

Kayu manis adalah rempah-rempah yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon dengan nama ilmiah Cinnamomum. Setidaknya terdapat dua jenis utama kayu manis, diantaranya Kayu manis Ceylon dan Kayu manis Cassia.

Aroma dan rasa khas kayu manis yang khas tersebut disebabkan oleh bagian berminyak yang sangat tinggi senyawa cinnamaldehyde. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini bertanggung jawab atas sebagian besar efek kuat kayu manis pada kesehatan dan metabolisme.

Sejak lama, kayu manis kerap digunakan sebagai bahan utama beberapa masakan sejak sejak Mesir Kuno. Pada masa itu, kayu manis merupakan komoditas yang langka dan sangat berharga hingga kerap dianggap sebagai hadiah yang cocok untuk sang raja.

Kayu manis dibuat dengan cara memotong batang pohon kayu manis. Kulit bagian dalam kemudian diekstraksi dan bagian kayunya dihilangkan. Saat mengering, ia membentuk potongan-potongan yang menggulung menjadi gulungan, yang disebut batang kayu manis. 

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dipercaya mampu melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Untuk diketahui, kayu manis sarat dengan antioksidan kuat seperti polifenol. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, kayu manis keluar menjadi pemenangnya, bahkan mengungguli bawang putih dan oregano.

3. Kayu Manis Memiliki Sifat Anti-Peradangan

Mengonsumsi makanan yang memiliki sifat anti peradangan sangat penting. Hal tersebut dikarenakan, dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Mengingat kayu manis merupakan rempah yang kaya akan antioksidan, kayu manis dapat dijadikan sebagai obat anti peradangan berguna dalam hal ini. Studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

4. Kayu Manis Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kayu manis telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung yang merupakan salah satu penyebab kematian dini paling banyak di dunia. Pada orang dengan diabetes tipe 2, 1 gram atau sekitar setengah sendok teh kayu manis per hari telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada penanda darah.

Konsumsi kayu mani secara rutin dan tepat dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL "kolesterol jahat" dan trigliserida, sementara akan tetap menjaga kolesterol HDL "kolesterol baik" tetap stabil. Ketika digabungkan, semua faktor ini secara drastis dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

manfaat kayu manis

5. Kayu Manis Dapat Meningkatkan Sensitivitas terhadap Hormon Insulin

Insulin adalah salah satu hormon kunci yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Keberadaan Insulin sangatlah penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel Anda.

Masalahnya adalah banyak orang yang resisten terhadap efek insulin. Ciri kondisi serius penyakit resistensi insulin dapat ditemui pada sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Kabar baiknya adalah kayu manis dapat secara dramatis mengurangi resistensi insulin dan membantu hormon penting ini melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, seperti yang akan dibahas pada bab berikutnya.

6. Kayu Manis Menurunkan Kadar Gula Darah dan Memiliki Efek Anti Diabetes yang Kuat

Selain kaya akan antioksidan, kayu manis juga terkenal dengan sifat penurun gula darahnya. Terlepas dari efek menguntungkan pada resistensi insulin, kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme lain.

Pertama, kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang memasuki aliran darah Anda setelah makan. Senyawa ini bekerja dengan mengganggu banyak enzim pencernaan, yang memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan Anda lalu mereka akan bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi efek antidiabetes dari kayu manis menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah puasa sebesar 10-29 persen. Dosis efektif biasanya ada di angka 1-6 gram atau sekitar 0,5-2 sendok teh kayu manis per hari.

7. Mampu Atasi Masalah Neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis  penyakit Neurodegeneratif yang paling umum.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan penyakit Parkinson, kayu manis membantu melindungi neuron, menormalkan kadar neurotransmitter dan meningkatkan fungsi motorik. Kendati demikian, efek ini perlu dipelajari lebih lanjut pada manusia.

8. Kayu Manis Dapat Melindungi Tubuh Terhadap Kanker

Kanker adalah penyakit serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kayu manis diyakini memiliki potensi yang luar biasa untuk mencegah sekaligus pengobatan kanker.

Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa kayu manis adalah aktivator ampuh enzim detoksifikasi di usus besar yang mampu melindungi tubuh terhadap pertumbuhan kanker secara lebih lanjut. 

Temuan ini didukung oleh percobaan tabung reaksi, yang menunjukkan bahwa kayu manis mengaktifkan respons antioksidan pelindung dalam sel usus manusia. 

9. Membantu Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Cinnamaldehyde adalah salah satu komponen aktif utama kayu manis, yang dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi.

Minyak kayu manis telah terbukti secara efektif mampu mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Senyawa ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk Listeria dan Salmonella.

Namun, buktinya terbatas dan sejauh ini kayu manis belum terbukti mengurangi infeksi di tempat lain di tubuh. Efek antimikroba dari kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

10. Kayu Manis Dapat Membantu Melawan Virus HIV

HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak diobati.

Kayu manis yang diekstrak dari varietas Cassia dianggap dapat membantu melawan HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia. 

Dalam sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV ditemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan yang paling efektif dari semua 69 tanaman obat yang diteliti. Namun, percobaan pada manusia masih terus diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kayu manis kesehatan metabolisme tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top