Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Pakai Humidifier? Ternyata Ini Manfaatnya Selain untuk Menyegarkan Udara

Berikut sejumlah manfaat pakai humidifier yang banyak digunakan selama masa pandemi covid 19
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 05 September 2022  |  21:44 WIB
Sering Pakai Humidifier? Ternyata Ini Manfaatnya Selain untuk Menyegarkan Udara
humidifier - shopee
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi orang yang punyai masalah pernapasan, menggunakan humidifier atau pelembab udara adalah salah satu cara yang bermanfaat.

Selain itu, humidifier juga bisa membantu orang dengan kulit kering, dalam menjaga kelembaban kulitnya serta mencegah terjadinya iritasi.

Berikut manfaat menggunakan humidifier berdasarkan medicalnewstoday!

1. Membantu mencegah flu

Penelitian menunjukkan humidifier dapat mengurangi risiko terkena flu. Hal ini dibuktikan dengan memasukkan virus influenza ke udara, lalu humidifier ditemukan dapat meningkatkan kelembaban udara hingga di atas 40%. Hal ini dapat menyebabkan partikel virus ternonaktifkan secara cepat, serta membuat kemungkinan partikel-partikel virus itu dapat menular.

2. Mengurangi dengkuran saat tidur

Saat menghirup udara dengan kelembaban yang minim, saluran pernapasan manusia akan kering juga, dan membutuhkan untuk dilumasi, hal ini bisa menimbulkan dengkuran. Cara untuk mengatasinya, bisa dengan menggunakan humidifier pada malam hari yang akan meningkatkan jumlah kelembaban pada udara dan mengurangi dengkuran.

3. Membantu merawat rumah

Kelembaban udara ternyata tidak hanya diperlukan oleh manusia saja. Furnitur dan lantai kayu juga akan bertahan lebih lama jika berada pada ruangan yang memiliki kelembaban tinggi. Wallpaper pada dinding juga akan terbantu agar tidak retak dengan adanya kelembaban udara.

Tanaman hiaspun akan terasa lebih hidup di tempat yang lembab. Selain itu, menggunakan humidifier saat musim dingin, akan menambah rasa hangat dari pada saat udara kering.

4. Menjaga kelembaban rambut dan kulit

Pada musim dingin, kulit, bibir dan rambut akan menjadi mudah rapuh. Beberapa macam penghangat ruangan juga bisa membuat kulit kering, bersisik juga gatal. Namun, berdiam di luar rumah juga bukan solusi.

Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan humidifier untuk menambah kelembaban udara. Sehingga kulit, bibir serta rambut tidak akan kering dan rapuh lagi.

5. Meredakan batuk berdahak

Pada saat berada di ruangan ataupun tempat dengan udara yang kering, orang umumnya akan mengalami batuk berdahak yang sulit keluar ataupun batuk kering. Hal yang menyebalkan ini dapat diatasi dengan menggunakan humidifier dalam ruangan.  Karena, kelembaban udara dapat menyebabkan saluran pernapasan lembab, sehingga bisa mengeluarkan dahak yang terperangkap.

6. Hindari kelembaban yang berlebihan

Kelembaban yang berlebihan tidaklah membantu, justru dapat timbulkan berbagai kondisi seperti kesulitan bernapas, dan memperburuk alergi. Karena tungau, debu, jamur, dan lumut akan tumbuh subur pada ruangan yang lembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

udara Lilin Aromaterapi tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top