Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa yang Sopan

Ucapan selamat ulang tahun Bahasa Jawa terdengar sangat unik dan sopan. Berikut 10 pilihan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa lengkap dengan artinya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 06 September 2022  |  16:40 WIB
Ini 10 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa yang Sopan
10 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa yang Sopan dan Ramah (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ucapan ulang tahun Bahasa Jawa terdengar sangat sopan dan unik. Pasalnya, Bahasa Jawa identik dengan tutur kata yang lembut dan penuh sopan santun.

Secara umum, Bahasa Jawa terbagi ada beberapa tingkatan, antara lain; Ngoko, Krama, dan Krama Inggil. Ketiganya berkaitan dengan tata krama berbahasa di tanah Jawa.

Bahasa Jawa yang digunakan untuk ucapan selamat ulang tahun biasanya Bahasa Jawa Krama atau Krama Inggil, sehingga terdengar sangat sopan dan ramah. Lalu, apa saja ucapan ucapan selamat ulang tahun menggunakan Bahasa Jawa? Ini daftarnya lengkap dengan artinya.

Daftar Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa dan Artinya

  1. "Sugeng tanggap warsa Nok ayu. ing sambekala dilambari bungahing ati ayo dedongo, Mugi tansah pinaringan sih rahmatipun Gusti." (Selamat ulang tahun anak cantik. Selamat ulang tahun. Di hari yang bahagia ini mari kita berdoa agar kita selalu mendapatkan rahmat dari Tuhan yang maha Esa).
  2. "Sugeng tanggap warsa ibu, ngapunten ingkang katah mboten saget maringi nopo-nopo, namung saget doa dateng Gusti Allah, mugi-mugi panjenengan diparingi tambah rizki, kuat iman, lan sabar dateng didik kula." (Selamat ulang tahun ibu, mohon maaf yang banyak tidak bisa memberikan apa-apa, hanya bisa berdoa kepada Allah, mudah-mudahan ibu diparingi tambah rezeki, kuat imannya, dan diberi kesabaran dalam mendidik aku).
  3. "Ngaturaken ambal warsa dumateng bapak, mugi-mugi tansah diparingi rizki ingkang berkah, ditebihno sangking sedanten sambekala." (Mengucapkan selamat ulang tahun untuk bapak, mudah-mudahan selalu diberikan rizki yang berkah, dijauhkan dari semua mara bahaya).
  4. "Nderek bungah kula dhateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansah pinaring iman ingkang kuat, izki ingkang berkah lan kasarasan lahir lan batos." (Ikut berbahagia saya kepada yang berulang tahun, mudah-mudahan selalu diberikan iman yang kuat, rizki yang berkah dan diberi kesehatan lahir dan batin).
  5. "Sugeng tanggap warsa. Mugi-mugi tansah pinaringan berkahing saking Gusti Allah." (Selamat Ulang Tahun. Semoga selalu diberikan rahmat oleh Allah).
  6. "Sugeng ambal warso, Mas. Mugi Gusti Pangeran tansah paring berkah kesarasan, kebingahan lan panjang yuswo." (Selamat ulang tahun, Mas. Semoga Allah memberikan berkah kebugaran, kebahagiaan dan panjang umur).
  7. "Rahajeng tanggap warsa ngasta priyantun yuswa adalem gandrung, mugi-mugi Allah salajeng nyaosaken kasasaran ugi rezeki ingkang melimpah." (Selamat bertambah umur, semoga Allah memberikan banyak rizki yang berlimpah).
  8. "Sugeng ambal warsa panjenengan, mugi-mugi tansah pikantuk rizki ingkang wiyar, bathi murah, umur ingkan dhowo, tambah diwasa lan tansah dilindungi Allah SWT." (Selamat ulang tahun, semoga diberikan rizki yang lancar, berkah yang murah, umur yang panjang, semakin dewasa dan selalu dalam lindungan Allah SWT).
  9. "Bade ngaturaken suka cita kagem panjenengan ingkang tanggap warsa, mugi-mugi langkung sae kajenenganipun sae saupakara miyos ugi batos." (Ingin mengucapkan suka cita untuk kamu yang bertambah umurnya, semoga masa-masa indah menjadi baik).
  10. "Ngaturaken ambal warsa dumateng, mugi-mugi Gusti Allah paring rahmat dateng panjenengan lan mugi nopo ingkang panjenengan angsal ridho sangking Allah SWT." (Kami ucapkan selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberikan rahmat kepadamu dan semoga apa yang kamu lakukan mendapatkan ridha Allah).

Itulah beberapa ucapan ulang tahun Bahasa Jawa dan artinya yang bisa Anda ucapkan saat ada keluarga, kerabat, dan sahabat yang berulang tahun. Selain unik dan sopan, kata-kata tersebut juga memiliki arti yang dalam dan penuh doa baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ucapan Ulang Tahun Ucapan jawa kata-kata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top