Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut yang Mengganggu

Berikut cara ampuh yang alami untuk menghilangkan kutu di rambut Anda yang bisa menurunkan rasa percaya diri
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 09 September 2022  |  19:47 WIB
Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut yang Mengganggu
Kutu yang berasal dari rumput, menempel pada pakaian dan kulit dan menghisap darah manusia. - Dailymail
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kutu rambut kerapkali menimbulkan rasa gatal yang sangat menganggu. Meskipun sangat menggangu kenyamanan dan menimbulkan bau amis, namun kutu rambut tidak menimbulkan penyakit.

Kendati demikian, menyingkirkan kutu rambut haruslah tetap dilakukan agar kepala Anda tidak gatal dan tidak menurunkan percaya diri.

Berikut ini cara mengatasi kutu rambut secara alami ala Medicalnewstoday dan Healthline.

1. Menggunakan minyak esensial

Selain menggunakan sisir yang dipergunakan untuk kutu, mengoleskan minyak esensial saat menyisir juga dapat membantu mengatasi kutu di rambut.

Berikut minyak esensial yang dapat digunakan dalam mengusir kutu-kutu:

●     Minyak pohon teh: Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyebutkan bahwa mencampurkan minyak pohon teh dan minyak lavender pada 42 orang sebanyak tiga kali. Setelah itu kutu tidak lagi ditemukan pada 41 orang. Namun, pengaplikasian minyak pohon teh juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan iritasi, ruam ataupun gatal.

●     Minyak kelapa: Sebuah studi yang dilakukan di Brazil pada tahun 2010 menunjukkan bahwa minyak kelapa adalah obat alami yang bisa mengatasi kutu secara efektif. Hal ini dibuktikan dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut berkutu, empat jam kemudian sekitar 80% kutu pada rambut sudah mati

●     Minyak zaitun: Dalam penelitian pada tahun 2018, menunjukkan minyak zaitun merupakan obat kutu yang cukup efektif. Selain itu, minyak zaitun juga punyai kandungan manfaat yang banyak bagi kesehatan rambut.

2. Menyisir rambut dengan sisir kutu

Meskipun terlihat sederhana, tapi menyisir rambut dengan sisir kutu merupakan metode yang disarankan untuk rutin dilakukan. Sehingga kutu-kutu di rambut dapat teratasi. Selain itu, jangan lupa membasmi dengan telur kutu juga.

3. Menggunakan bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang puting memiliki sedikit efek untuk membasmi kutu rambut. Maka menggunakan bawang putih bisa menjadi cara alternatif untuk mengusir kutu-kutu yang menyebalkan.

4. Menggunakan petroleum jelly

Petroleum jelly punyai manfaat bisa membunuh kutu, serangga juga memungkinkan untuk membunuh telur kutu. Petroleum jelly juga relatif mudah ditemukan di toko-toko obat terdekat, namun sifatnya yang berminyak membuat pengaplikasian petroleum jelly pada rambut bisa menimbulkan efek yang berantakan dan perlu dicuci berulang kali.

5. Menggunakan mayonaise

Mayonaise digunakan sebagai pelumas yang memudahkan penggunaan sisir kutu. Meskipun tidak ada bukti literatur yang menyebutkan khasiat mayonaise dalam membasmi kutu, namun beberapa orang mempercayai mayonaise dapat meringankan gejala gatal ataupun iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh kutu.

Akan tetapi, dalam penggunaannya harus tetap berhati-hati, supaya tidak menimbulkan infeksi ataupun iritasi tambahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kutu rambut perawatan rambut rambut rontok
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top