Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mata Merah, Jangan Panik! Ini Obat ala Rumahan yang Bisa Anda Gunakan

Berikut tips dan kiat mengatasi mata merah yang bisa diaplikasikan di rumah saja.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 15 September 2022  |  12:32 WIB
Mata Merah, Jangan Panik! Ini Obat ala Rumahan yang Bisa Anda Gunakan
Ilustrasi cara mengecek kesehatan di mata - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat mata terkena polusi, ataupun beberapa faktor lain, mata akan bereaksi dengan menjadi merah pada sklera atau bagian putih mata. Meskipun merupakan masalah mata yang cukup umum, tetapi memiliki mata merah dalam beberapa waktu bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Namun, untuk beberapa kondisi serius seperti memiliki cedera mata, mengalami sakit parah, perubahan penglihatan, mengalami sensitivitas terhadap cahaya, mata bernanah, mual, berdarah pada iris, disertai dengan pilek. Segera datangi fasilitas kesehatan terkait karena gejala-gejala ini menunjukkan perlunya pertolongan medis.

Kabar baiknya, mengatasi mata merah tidak memerlukan pertolongan medis serius, jika tidak punyai penyakit ataupun kondisi serius dengan gejala tadi. Berikut ini cara mengatasi mata merah ala rumahan berdasarkan verywellhealth dan American Academy of Opthamology.

Kompres dingin

Menyempitkan pembuluh darah bisa jadi cara untuk mengatasi mata yang memerah. Caranya dengan mengompres dingin area mata. Selain itu, manfaat dari kompres dingin juga bisa mengurangi retensi cairan di sekitar mata.

Caranya cukup mudah, dengan mencelupkan lap bersih pada mangkok berisi air dingin dan es batu. Lalu peras kelebihan air pada lap, lalu kompreskan pada mata selama lima ataupun sepuluh menit. Ulangi ini beberapa kali dalam sehari.

Cairan tetes mata

Cairan tetes mata juga disebut dengan air mata buatan. Cairan tetes mata mudah didapatkan karena diperjualbelikan secara bebas di pasaran. Ini bisa mengatasi mata merah yang disebabkan oleh mata kering.

Caranya dengan meneteskan cairan tetes mata ini setiap jam selama enam jam pertama, dan setiap enam kali perhari di sisa minggu tersebut. Menggunakan cairan tetes mata yang dingin juga dapat membantu menenangkan mata.

Hindari pemicu mata merah

Mata merah bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, lingkungan seperti asap, serbuk sari, debu, klorin, ataupun bulu hewan. Ataupun punyai alergi yang bisa sebabkan mata merah. Menghindari sejumlah pemicu ini bisa jadi cara untuk mencegah mata merah.

Dehumidifikasi

Kelembaban berlebih juga bisa menjadi salah satu penyebab mata memerah. Dengan menggunakan dehumidifier yang menyerap kelembaban berlebih di ruangan, bisa jadi salah satu cara cegah mata memerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata merah obat tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top