Ilustrasi tiroid/istimewa
Health

Ciri-ciri Gangguan Tiroid yang Muncul di Pagi Hari

Mia Chitra Dinisari
Senin, 19 September 2022 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan tiroid biasanya tidak muncul secara visual, namun, ada beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan karena penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang lebih berbahaya.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi gangguan tiroid biasanya muncul di pagi hari. Ketika Anda merasa sangat lelah.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil di leher yang terletak di depan tenggorokan. Ini melepaskan hormon yang mengatur beberapa fungsi utama tubuh, seperti metabolisme.

Dalam kasus tiroid yang kurang aktif, juga disebut hipotiroidisme, dimana ada kekurangan hormon tiroid. Ini biasanya disebabkan oleh tiroiditis Hashimoto autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan itu sendiri menyerang kelenjar tiroid. Jika tidak diobati, hipotiroidisme dapat mengganggu cara saraf membawa informasi ke dan dari otak, sumsum tulang belakang, dan tubuh.

Kelelahan adalah salah satu gejala utama hipotiroidisme. Ini sering digambarkan sebagai kelelahan yang mematikan tulang, yang disebabkan karena pengaturan kadar tiroid Anda yang tidak tepat.

Kelelahan ini bisa berkembang secara perlahan atau datang tiba-tiba. Menurut ahli kesehatan, biasanya menyerang di pagi hari dan orang yang mengalaminya hampir tidak bisa mengangkat kepala dari bantal di pagi hari. 

Seiring dengan kelelahan dan kelelahan, gejala umum hipotiroidisme lainnya meliputi:

  1. Sembelit
  2. Gerakan dan pikiran lambat
  3. Gemetaran
  4. Penambahan berat badan
  5. Depresi
  6. Nafsu makan meningkat

Hipotiroidisme juga dapat menyebabkan dampak serius lainnya pada kesehatan seperti detak jantung yang lambat, suara serak, gangguan pendengaran, alis yang menipis atau sebagian hilang, dan wajah yang tampak bengkak.

Hipotiroidisme, jika tidak diobati dari waktu ke waktu, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan hiperkolesterolemia, yang berarti kadar kolesterol darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro