Ilustrasi tiroid/istimewa
Health

Penyebab dan Cara Mencegah Gangguan Tiroid, Sebabkan Benjolan di Leher

Widya Islamiati
Senin, 5 September 2022 - 16:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bahaya merokok bagi kesehatan tidak dapat diragukan lagi. Sederet penyakit dapat menjangkit orang dengan kebiasaan merokok. Salah satunya adalah gangguan tiroid.  Gangguan tiroid merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan terhadap kelenjar Tiroid.

Berikut ini penyebab dan cara mencegah gangguan tiroid berdasarkan p2ptm Kemkes, verywellhealth dan jurnal Infodatin Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI.

Gangguan tiroid bisa sebabkan perubahan bentuk ataupun perubahan fungsi kelenjar tiroid seperti berlebihan ataupun kekurangan.  Sedangkan kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang berada di leher bagian depan manusia. Kelenjar ini merupakan kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh manusia yang terdiri atas lobus kanan dan lobus kiri.

Dari kelenjar inilah hormon tiroid yaitu tiroksin atau t4 dan triiodotironin atau t3 dihasilkan. Peran hormon tiroid dalam tubuh manusia cukup penting, yaitu dalam proses metabolisme, baik karbohidrat, protein, maupun lemak. Selain itu, hormone ini juga berperan dalam aktivitas fisiologi manusia.

Maka, saat mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, dapat mempengaruhi metabolisme dan aktivitas fisiologi manusia dan berpengaruh pada perkembangan otak dan saraf.

Penyebab gangguan tiroid

Secara umum, gangguan tiroid disebabkan oleh lima hal yang terbagi dalam dua kategori, gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk, yaitu difus atau pembesaran kelenjar yang sama atau bagian kanan dan kiri kelenjar tiroid mengalami pembesaran yang sama. Lalu nodul atau benjolan pada kelenjar tiroid, bisa berupa kisat dan padat ataupun cair, atau juga bisa merupakan tumor.

Lalu, tiga penyebab lain adalah gangguan yang disebabkan oleh kelainan fungsi, seperti hipotiroid atau sekumpulan kondisi yang disebabkan oleh berkurang atau berhentinya produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid. Kemudian hipertiroid atau tirotoksikosis yang juga merupakan sekumpulan kondisi yang mengakibatkan kelebihan hormon tiroid.

Terakhir, eutiroid, atau kondisi dimana kelenjar tiroid tidak berbentuk normal tetapi fungsinya tetap normal. Lima penyebab ini disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:

●      Genetik: Autoimunitas terhadap kelenjar genetic dianggap sebagai faktor utama yang dapat menimbulkan gangguan tiroid

●      Merokok: Merokok dapat sebabkan peningkatan reaksi inflamasi, hal ini dikarenakan kandungan nikotin dalam rokok. Selain itu, merokok dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada otak.

●      Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh

●      Stres: Stres berhubungan dengan antibodi yang berhubungan dengan hormon yang mempengaruhi hormon tiroid

●      Penggunaan obat-obatan seperti amiodaron, lithium karbonat, aminodlutethimide, interferon alfa, thalidomide, betaroxine, dan stavudine.

●      Berusia lebih dari 60 tahun: hipotiroid ataupun hipertiroid dapat meningkat risikonya setelah seseorang berusia 60 tahun ke atas.

●       Zat yang kontras dengan iodium: Salah satu penyebab hipertiroid

Cara mencegah gangguan tiroid

●      Kurangi kebiasaan merokok atau bahkan berhenti merokok

●      Hindari meminum air dengan kandungan fluoride

●      Batasi konsumsi kedelai

●      Lakukan pemeriksaan leher jika terdapat benjolan asing di leher

●      Kelola stres

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro