Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Seputar Hernia, Bisa Terjadi pada Bayi Baru Lahir

Jangan percaya mitos, berikut fakta-fakta terkait hernia yang saat ini dialami oleh anak Rizky Bilar dan Lesty Kejora
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 20 September 2022  |  11:28 WIB
Fakta-fakta Seputar Hernia, Bisa Terjadi pada Bayi Baru Lahir
Hernia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit hernia, adalah penyakit yang terjadi ketika organ dalam ataupun bagian tubuh lainnya menonjol. Penyakit ini biasanya terjadi antara dada dan pinggul, tepatnya di dalam rongga perut.

Berikut ini fakta seputar hernia yang perlu anda ketahui berdasarkan dilansir dari Clevelandclinic.

Jenis hernia yang lebih sering menyerang pria

Hernia inguinalis, jenis hernia yang paling umum terjadi dan lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Biasanya pada hernia ini, jaringan lemak ataupun bagian dari usus akan menusuk selangkangan bagian atas, atau paham bagian dalam.
Jenis hernia lain seperti hernia femoralis, hernia umbikalis dan hernia Hiatus.

Bisa terjadi pada bayi baru lahir

Ada jenis hernia yang bahkan bisa menyerang bayi baru lahir, jenis itu adalah hernia umbikalis. Jenis hernia ini terjadi ketika jaringan lemak ataupun bagian usus mendorong melalui perut dekat pusar ataupun pusar itu sendiri.
Sekitar 3-10% dari kasus hernia terjadi di pusat, dan 10-20% diantaranya menyerang bayi baru lahir serta bayi di bawah lima tahun.

Obesitas bisa jadi penyebab hernia

Hernia inguinalis dan femoralis disebabkan oleh melemahnya otot. Lemahnya otot ini bisa terjadi sejak lahir ataupun adanya ketegangan otot di daerah sekitar selangkangan.

Obesitas merupakan salah satu penyebab ketegangan otot yang sebabkan hernia selain aktivitas fisik yang berat, kehamilan, batuk ataupun mengejan karena sembelit.

Pada pria, pembengkakan skrotum merupakan salah satu gejala hernia

Salah satu gejala hernia pada pria adalah munculnya tonjolan atau pembengkakan pada selangkangan ataupun skrotum yang merupakan kantong berisi testis. Selain itu, gejala lain juga meliputi peningkatan rasa sakit di daerah tonjolan, sakit saat mengangkat, sensasi nyeri tumpul dan tanda-tanda obstruksi usus.

Pada anak-anak pembedahan hernia bisa dihindarkan

Jalan terbaik mengobati hernia adalah dengan melakukan pembedahan. Namun, pada anak ataupun bayi yang menderita hernia umbikalis, ini bisa jadi sembuh dengan sendirinya sebelum usia 5 tahun. Sehingga pembedahan bisa dihindarkan.

Tetapi, bagi anak penderita hernia umbikalis yang belum sembuh pada saat usia 4 ataupun 5 tahun, pembedahan akan dilakukan pada usia 4 atau 5 tahun tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari komplikasi bedah.

Berbeda dengan anak-anak, orang dewasa dengan hernia umbikalis tetap harus melakukan tindakan operasi pembedahan. Sebab, tidak akan sembuh dengan sendirinya, sebaliknya justru akan meningkatkan risiko komplikasi yang lebih tinggi jika engga dibedah.

Jika tidak diobati akan timbulkan kematian jaringan

Menghindari pembedahan hernia hanya akan menambah peningkatan rasa sakit dari waktu ke waktu. Karena selain hernia umbikalis pada bayi, semua jenis hernia tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

Hernia inguinalis dan femoralis jika tidak diobati segara akan timbulkan penanahan serta pencekikan. Pencekikan ini terjadi ketika bagian usus terperangkap dan memotong suplai darah. Jika tidak dilakukan operasi darurat segera, maka akan terjadi kematian jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hernia Gejala Penyakit penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top