Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-siap, Ini Kelompok yang akan dapat Vaksin Monkeypox di Indonesia

Berikut daftar orang yang akan mendapatkan vaksin monkeypox di Indonesia, terbatas.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 22 September 2022  |  19:14 WIB
Siap-siap, Ini Kelompok yang akan dapat Vaksin Monkeypox di Indonesia
Ilustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mulai memberikan vaksin monkeypox pada akhir tahun 2022.

Adapun, vaksin yang akan digunakan adalah vaksin Bavarian nordic yang akan dikirim dari Denmark secara bertahap akhir Oktober 2022 mendatang.

Lalu untuk siapa vaksin monkeypox ini?. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunawan Sadikin sebelumnya menyebut, pemerintah Indonesia memesan vaksin monkeypox dari Denmark yang akan dikirimkan ke Indonesia akhir Oktober mendatang, dalam jumlah yang terbatas. Tepatnya 2.000 dosis vaksin.

Ini membuat Pemerintah harus memprioritaskan pemberian vaksin ini kepada orang yang benar-benar membutuhkannya. 

Ketua Satuan Tugas Monkeypox PB IDI, dr. Hanny Nilawati menyebut, pihaknya tidak merekomendasi pemberian vaksin monkeypox ini kepada seluruh masyarakat indonesia. 

"Pemberian vaksin ini tidak kepada seluruh masyarakat tetapi untuk indikasi terbatas," ungkapnya dalam pertemuan dengan media secara virtual melalui zoom meeting, pada Rabu (21/9/2022).

dr. Hanny kemudian menjelaskan ada beberapa kelompok yang menjadi prioritas pemberian vaksin monkeypox, seperti pasien yang pernah berkontak erat, dengan pasien terkonfirmasi positif Monkeypox, tenaga kesehatan juga populasi yang berisiko tinggi terpapar virus monkeypox.

"Jadi kemarin itu ada satu kasus yang terkonfirmasi di Indonesia, kemudian dilakukan follow up secara ketat kepada anggota keluarga serumahnya," kata dr. Hanny. 

Dia juga menerangkan, jika kemudian hari ada pasien yang dikonfirmasi positif monkeypox lagi, maka pemberian vaksin monkeypox ini akan dipriotitaskan kepada orang-orang yang telah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif monkeypox tersebut.

Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia Tenggara, jumlah pasien terkonfirmasi positif Monkeypox di Indonesia paling rendah diantara negara lain. Berdasarkan data per tanggal 19 September 2022, dari total 62.406 kasus dari 104 negara di dunia, 19 kasus diantaranya di Singapura,  8 kasus di Thailand, 4 kasus di Filipina serta 1 kasus di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Monkeypox Cacar monyet Vaksin vaksinasi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top