Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Pasien Monkeypox

Ini Deretan makanan yang dianjurkan dan harus dihindari oleh penderita monkeypox agar segera sembuh.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 21 September 2022  |  14:46 WIB
Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Pasien Monkeypox
Telur rebus - diabetesfoundationorg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit cacar monyet masih terus menjadi perbincangan dunia setelah WHO menetapkan penyakit ini sebagai keadaan darurat kesehatan global pada Juli lalu.

Di Indonesia, pasien terkonfirmasi sudah lama sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia tetap harus waspada agar tidak terjadi lagi wabah besar di negara ini.

Berikut ini makanan yang dianjurkan dikonsumsi serta dilarang dikonsumsi oleh penderita monkeypox.

Makanan yang dilarang

Dalam pertemuan dengan media secara virtual melalui zoom meeting pada Rabu, 21 September 2022, Ketua Satuan Tugas Monkeypox, PB IDI, dr. Hanny Nilasari menyebutkan, tidak ada makanan khusus yang harus dihindari saat seseorang sedang terinfeksi Monkeypox.

"Karena ini sebetulnya infeksi jadi tidak ada makanan-makanan khusus yang harus dihindari," katanya.

Namun, dr. Hanny kemudian menjelaskan bahwa pada saat terinfeksi virus Monkeypox, seseorang akan mengalami berbagai fase, salah satunya fase penyembuhan. Pada fase ini lesi-lesi yang timbul akan terasa gatal.

"Fase penyembuhan kan biasanya gatal, nah pada fase penyembuhan itu harus kita perhatikan (asupan makanannya)," ungkapnya.

Ada beberapa jenis makanan yang menurutnya harus dihindari saat sedang ada dalam fase penyembuhan tersebut. Makanan-makanan itu adalah jenis makanan yang tinggi akan protein seperti putih telur, daging dan ikan-ikan yang berprotein tinggi.

Hal ini dijelaskannya, agar bisa mencegah terjadinya komplikasi yang berat.

"Kalo misalnya pasiennya itu gatal dan kemudian dia makan protein yang tinggi, kan dia cenderungnya menggaruk jadinya, nanti jadi strechmark, kemudian bisa juga jadi infeksi sekunder," papar dr. Hanny.

Infeksi sekunder ini bisa menjadi penyebab lama dan beratnya proses penyembuhan seseorang dari penyakit Monkeypox ini. Hal ini juga dijelaskan oleh dr. Hanny berlaku pada proses penyembuhan cacar air.

"Prinsipnya adalah sama (dengan cacar air) pada fase penyembuhan akan terasa gatal di seluruh lesi-lesi yang ada. Jadi yang harus diperhatikan adalah asupan dari protein," jelasnya.

Makanan yang disarankan

Lalu menurutnya, makanan yang harus dikonsumsi oleh orang yang terinfeksi Monkeypox adalah makanan yang tinggi mineral, tinggi vitamin serta memperhatikan asupan karbohidrat setiap harinya.

Dilansir dari Healthline, makanan tinggi vitamin adalah seperti buah alpukat, stroberi, bluberi, sayuran seperti kembang kol, brokoli dan lobak, buah-buahan seperti mangga, markisa dan nanas yang kaya akan vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh.

Meskipun memang telur dan daging juga kaya akan mineral dan vitamin, tapi dua jenis makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cacar monyet Monkeypox makanan Makanan Beku
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top