Ilustrasi oat dicampur granola, susu, dan buah-buahan/Freepik
Health

15 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan, Obati Cacar Air Hingga Cegah Kanker

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 24 September 2022 - 15:54
Bagikan

Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Kesehatan Tulang, dan Cegah Kanker Usus

9. Obat penenang

Oatmeal mengandung Triptofan, asam amino yang memiliki sifat sedatif. Ini meningkatkan produksi insulin yang bertindak sebagai obat penenang ke otak.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sel-sel kekebalan kamu dirancang untuk menyerap beta-glukan yang meningkatkan aktivitas sel darah putih dan melindungi dari infeksi. Senyawa tersebut juga dikenal dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, oatmeal pun mengandung seng yang dapat membantu kamu melawan infeksi.

11. Meningkatkan kesehatan tulang

Oat kaya akan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Oat pun kaya akan silikon yang dapat membantu dalam pengobatan patah tulang dan robekan ligamen. Sebuah penelitian dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa makan semangkuk bubur oatmeal setiap hari dapat membantu melindungi kamu dari penyakit tulang.

12. Mengobati Cacar Air

Selama berabad-abad, oat telah mengobati cacar air. Di masa lalu, orang biasa menuangkan tepung gandum ke kain tipis yang diikatkan di sekitar keran bak mandi, dan secara berkala memeras airnya. Cara ini digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Oat memiliki sifat yang tidak hanya dapat melembabkan kulit, tetapi juga membantu masalah kulit lainnya seperti eksim.

13. Berperan sebagai pembersih alami

Senyawa yang disebut saponin ditemukan dalam gandum yang membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Kamu dapat menyiapkan susu oat lalu masukkan ke dalam air dan gunakan sebagai pembersih. Kamu juga bisa menggunakan oat giling untuk scrub tubuh ringan. Ini bisa sangat lembut pada kulit kamu sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi orang dengan kulit sensitif.

14. Mengobati Ketombe

Oatmeal dikenal dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Ini dapat menenangkan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal. Oatmeal juga dikenal dapat memberikan kelembapan dan menghilangkan minyak berlebih. Selain menghilangkan ketombe, oatmeal juga meningkatkan kilau pada rambut kamu. Oatmeal pun kaya akan lipid yang dapat mencegah ketombe dan serpihan yang membuat kulit kepala segar.

15. Menurunkan risiko kanker usus besar

Oatmeal sangat baik untuk seluruh sistem pencernaan, termasuk usus besar kamu. Karena kandungan seratnya yang tinggi, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji-bijian dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Ini juga sangat membantu jika kamu menderita kolitis ulserativa, yang secara langsung mempengaruhi usus besar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro