Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Tidak Mudah Pikun

Tubuh Anda akan memberikan sebuah sinyal jika kesehatan otak Anda sedang menurun. Simak cara menjaga kesehatan otak agar tidak pikun.
Ileny Rizky 
Ileny Rizky  - Bisnis.com 26 September 2022  |  23:41 WIB
7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Tidak Mudah Pikun
Tips menjaga kesehatan otak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan otak menjadi kunci agar panjang umur dan sehat hingga tua. Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar umur panjang.

Istirahat yang cukup menjadi kunci panjang umur. Selain itu, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan otak Anda tetap tajam dan terawat dengan baik.

Berikut 7 kebiasaan yang dapat dilakukan agar kondisi otak tetap sehat:

1. Istirahat yang cukup

Seluruh tubuh, termasuk otak Anda tentunya perlu beristirahat. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh Anda.

Ketika tidur, seluruh organ Anda yang lain akan melambat dan kemudian tubuh Anda masuk ke dalam "mode istirahat". Orang dewasa membutuhkan antara 7-9 jam waktu tidur agar tubuh dapat kembali beraktivitas dengan bugar.

2. Gaya hidup aktif

Gaya hidup yang aktif juga merupakan  salah satu kunci untuk menjaga kesehatan otak yang baik. Dengan tetap aktif berkegiatan, tentunya akan membantu otak Anda menghasilkan hormon yang dibutuhkan untuk bahan bakar seluruh tubuh Anda.

Aktivitas fisik mendorong tubuh Anda untuk memproduksi hormon yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan suasana hati Anda.

Ketika Anda tidak berolahraga secara konsisten maka, beberapa ahli merekomendasikan agar manusia dapat memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian, hal tersebut tentunya untuk meningkatkan aliran darah dan membuat Anda tetap sehat. 

3. Memperhatikan kondisi tubuh 

Tubuh Anda akan memberikan sebuah sinyal jika kesehatan otak Anda sedang menurun. Hal ini bisa jadi merupakan salah satu gejala bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin. Misalnya, jika  merasa penglihatan Anda berkabut dan tubuh menjadi mudah lelah, Anda mungkin memiliki kadar vitamin D yang rendah. 

Oleh karena itu, Anda perlu konsultasikan  dengan dokter Anda mengenai gejala-gejala yang dirasakan. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk mencapai pikiran dan tubuh yang sehat.

4. Tetap Terhidrasi

Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan air. Oleh karenanya, apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka otak kita tidak dalam kondisi terbaiknya. 

Menurut sebuah studi di tahun 2018 dari Georgia Tech, fungsi kognitif dapat menurun lantaran tubuh mengalami dehidrasi, dengan efek nyata hanya dalam dua jam. Perbanyaklah mengonsumsi air mineral untuk meningkatkan kondisi kesehatan otak dan  seluruh tubuh Anda.

5.  Jaga keseimbangan tubuh

Salah satu kunci menjaga kesehatan otak ialah dengan menjaga keseimbangan tubuh. Terkadang kita lupa bahwa keseimbangan tubuh yang sehat dalam hidup kita bisa terlihat sangat berbeda tergantung pada keadaan kita.

Mencari tahu seperti apa keseimbangan Anda saat ini, dan rasa ingin tahu serta adaptif tentang perubahan yang perlu dilakukan, dapat membantu Anda berkembang.

Perhatikan semua aspek kehidupan Anda, seperti mengatur waktu kerja baik itu di kantor dan di rumah, istirahat, berinteraksi dengan teman, melakukan perawatan diri, dan lain sebagainya.

Menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mencurahkan waktu dan perhatian yang tepat di kehidupan sehari-hari dapat membantu menghilangkan stres dan memungkinkan otak Anda tetap dalam kondisi sehat. 

6. Menstimulasi otak

Anda perlu menstimulasi otak Anda dengan beberapa latihan seperti dengan bermain teka-teki, berpikir kritis, mempelajari hal-hal baru, hobi, menghafal, melatih otak, dan membaca. Hal tersebut dapat berfungsi sebagai latihan otak. 

7. Perhatikan kesehatan mental

Memperhatikan kesehatan mental sangat penting untuk menjaga kondisi otak kita tetap sehat. Jika Anda memiliki gejala depresi atau kecemasan, atau jika Anda merasa tidak dapat memperlambat kerja otak Anda, segeralah berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental. 

eorang profesional kesehatan mental dapat memandu Anda dalam mengembangkan keterampilan dan strategi untuk membantu Anda mencapai pikiran yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otak kementerian kesehatan kesehatan mental
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top